Header Ads

Misteri "Stonehenge" Nya Arab Saudi

Di sisi sebuah bukit tunggal, beberapa kilometer di luar ibukota provinsi Al-Jouf, Sakkaka, berdiri kelompok-kelompok pilar-pilar batu setinggi tiga meter.

Terukir dengan grafiti kaum Tsamud kuno, monumen yang dibangun oleh budaya yang telah lama punah ini berhasil bertahan selama enam ribu tahun, meskipun banyak pilar batu yang telah jatuh dan bersandar miring dengan sudut acak yang aneh.

Disebut Al-Rajajil (“para lelaki”) oleh penduduk lokal saat ini, pilar-pilar batu pasir yang masing-masing beratnya mencapai lima ton ini, juga populer disebut Stonehenge nya Arab Saudi. Mereka mungkin monumen manusia tertua di semenanjung arab.



Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Di masa Chalcolithic, atau zaman Tembaga, orang-orang yang tinggal di daerah yang saat ini bernama Al-Jouf, membangun 54 kelompok pilar batu yang dipotong kasar. Setiap kelompok berisi dua sampai 19 pilar.

Di permukaan tanah tidak begitu terlihat tujuan penempatan kelompok-kelompok pilar batu ini, namun, foto udara menunjukkan keselarasan kasar dengan matahari terbit dan terbenam. Tidak ada jawaban pasti terhadap pertanyaan mengapa mereka dibangun. Penggalian arkeologi lebih dari 30 tahun yang lalu di dasar satu set pilar, gagal menemukan tulang atau bekas sesajen, yang menunjukkan bahwa pilar-pilar ini bukan dibangun atas motif agama.

Baca Juga:  Kisah Hantu Wanita Legendaris Dari Kota Makassar

Alasan politik atau astronomi adalah kemungkinan, meskipun tidak ada bukti. Ada kemungkinan bahwa kelompok-kelompok pilar batu ini adalah landmark bagi jalur perdagangan.


Al-Jouf adalah titik persinggahan yang signifikan di jalur perdagangan dari Yaman ke Mesopotamia. Salah satu rute perdagangan, jalur darat tertua dalam sejarah, membentang dari Yaman dan sejajar dengan pantai Laut Merah melalui Madinah, Al-‘Ula dan Madain Salih. Berbelok ke timur laut ke Al-Jouf dan kemudian ke utara menuju Damaskus dan Turki.

Semenanjung Arab dan Arab Saudi khususnya kaya akan situs-situs arkeologi. Banyak yang secara definitif dapat ditulis dalam sejarah, namun pilar-pilar batu atau prasasti berdiri Al-Rajajil ini tetap menjadi misteri.


Selain Al Rajajil ada juga prasasti batu belah yang seimbang dan misterius di Arab saudi yang dapat dibaca disini

No comments

Powered by Blogger.