Header Ads

10 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Komputer

Membeli komputer memang diperlukan waktu dan juga kesabaran. Bagi yang sudah paham mengenai komputer, mudah bagi mereka untuk menentukan dan membeli komputer yang diinginkan. Tapi bagi yang awam, membeli komputer adalah suatu hal yang sangat sulit. Tapi kalian tidak perlu khawatir?

Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli sebuah komputer seperti dikutip dari tahupedia.com


10. Harga
Dalam membeli barang apapun, penting bagi kita untuk memperhatikan harga yang menempel pada barang. Jika sudah di kasir dan waktunya membayar ternyata harga barang terlalu mahal dan kamu mengembalikan barang tersebut tentunya ada perasaan malu. Atau jika sudah membeli suatu barang tapi harganya ternyata terlalu mahal dan tidak bisa dikembalikan. Sama halnya ketika kamu memutuskan untuk membeli komputer.

Untuk membeli komputer kamu harus memastikan bahwa harga yang tertera pada komputer tidak terlalu membebani kantong. Apalagi jika ternyata spesifikasi dari komputer tidak sebanding dengan harga yang dipasang. Membandingkan harga dengan toko sebelah bisa menjadi solusi yang bisa kamu lakukan walaupun sedikit menguras tenaga dan juga waktu.


9. Garansi
Dalam membeli peralatan elektronik tentunya kita juga memperhatikan garansi dari barang. Apalagi jika kita telah membeli barang dengan harga mahal. Bukannya berpikir buruk, tapi ada baiknya kita memperkirakan hal terburuk yang mungkin akan terjadi pada barang yang kita beli. Dengan adanya garansi, kita jadi bisa menukar dan mendapatkan barang baru sebagai gantinya. Begitu juga dengan komputer.

Membeli komputer harus diperhatikan berapa lama durasi dari garansi. Kadang garansi komputer dibagi jadi 2 yakni garansi toko dan garansi distributor. Biasanya garansi toko memiliki durasi yang lebih singkat daripada garansi distributor. Yang mana yang ingin kamu pilih, itu tergantung dari kalian sendiri. Garansi yang lebih panjang memiliki kemungkinan harga yang diberikan juga lebih mahal.


8. Fungsi
Jika kamu berniat untuk membeli komputer, patikan dulu komputer tersebut ingin digunakan untuk apa. Apakah untuk keperluan kerja atau untuk bermain game. Tidak bagus apabila kalian membeli komputer dengan spesifikasi untuk kerja tapi digunakan untuk bermain game. Apalagi jika game yang dimainkan memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa spesifikasi komputer untuk kerja dan bermain itu berbeda jauh. Komputer yang digunakan untuk kerja memiliki spesifikasi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan komputer gaming. Perbedaan spesifikasi ini yang membuat harga komputer gaming bisa jauh lebih tinggi dari komputer kerja. Karena komputer gaming memiliki spesifikasi lebih tinggi, jadi komputer gaming bisa juga digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan ringan. Tapi komputer kerja belum tentu bisa memuaskan kamu yang hobi bermain video game.


7. Sistem Operasi
MAC atau Windows, biasanya 2 pilihan itu selalu membuat pusing orang yang ingin membeli komputer. Menentukan sistem operasi mana yang ingin kamu gunakan memang perlu pertimbangan yang cukup lama. Baik itu MAC atau Windows memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Selain memiliki fungsi yang berbeda, harga dari keduanya juga berbeda.

Biasanya sistem operasi MAC digunakan bagi orang-orang yang memiliki hobi atau pekerjaan du bidang desain. MAC yang diproduksi oleh Apple memiliki keunggulan di RAMnya yang besar untuk mengolah gambar. Karena itulah MAC menjadi sistem operasi yang lebih diminati oleh para desain grafis.


6. Ukuran
Ukuran komputer juga patut kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli komputer. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya yakni perbedaan komputer gaming dan juga komputer kerja. Kedua komputer tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Biasanya komputer gaming memiliki ukuran yang lebih besar daripada komputer kerja.

Jika kamu memilih untuk membeli komputer gaming, pastikan bahwa ukuran komputer tersebut tidak terlalu besar sehingga tidak membuat ruangan atau meja komputer menjadi sempit. Untuk yang memilih komputer kerja, biasanya komputer tersebut sudah dalam ukuran yang pas untuk diletakkan di meja komputer dan tidak akan memakan tempat.

Baca Juga:  10 Laptop Termahal Yang Pernah Ada

5. Peralatan Pendukung
Membeli komputer harus juga mempertimbangkan peralatan apa lagi yang diperlukan untuk bisa membantu mengerjakan pekerjaan kita. Jika membeli komputer bekas mungkin ada beberapa peralatan yang juga diikut sertakan seperti kamera, microphone atau speaker. Namun jika kamu memutuskan untuk membeli komputer baru, peralatan seperti itu harus dibeli secara terpisah.

Pastikan bahwa peralatan tambahan seperti scanner, printer, atau speaker bisa mendukung komputer kalian. Terkadang ada beberapa tipe peralatan tambahan yang memang tidak bisa mendukung beberapa jenis komputer. Tanyakan pada orang yang lebih mengerti apakah komputer yang telah kamu beli itu mendukung peralatan tambahan yang diinginkan.


4. Merk
Barang elektronik yang dijual di pasaran pastinya memiliki merk yang berbeda. Beigtu juga pada komputer, begitu banyak merk komputer yang dijual di pasaran. Masing-masing merk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Jangan sampai kamu salah membeli merk komputer.

Memilih merk komputer yang tepat membutuhkan waktu yang cukup lama, sama seperti memilih sistem operasi apa yang kita inginkan. Dalam 1 komputer, terdapat banyak komponen di dalamnya yang juga memiliki merk yang berbeda. Dari sekian banyak merk, pastinya ada salah satu atau dua merk yang menjadi pilihan favorit orang. Untuk mencari tahu merk apa yang cocok, kita bisa bertanya pada penjual atau juga teman yang lebih mengerti.


3. Hard Disk
Hal berikutnya yang wajib untuk kalian perhatikan sebelum membeli komputer adalah media penyimpan. Yang dimaksud dengan media penyimpan disini adalah salah satu komponen dalam komputer yang dinamakan hard disk. Sayangnya, hard disk juga memiliki banyak merk dan juga memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda, jadi kalian juga harus berpikir lagi harus memakai merk apa dan seberapa besar kapasitas penyimpannya.

Semakin besar kapastias hard disk, maka harga yang diberikan juga akan semakin mahal. Setelah memastikan seberapa besar kapasitasnya, kalian juga harus memilih hard disk merk apa yang ingin dibeli. Kalian pastinya tidak mau membeli hard disk dengan merk meragukan. Memilih hard disk secara asal-asalan bisa berisko pada hilangnya data penting yang kalian miliki.


2. RAM
Memilih RAM komputer juga bukanlah hal yang mudah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, setiap komponen yang ada di dalam komputer memiliki merk yang berbeda-beda, RAM juga sama. Banyak sekali merk yang menjual RAM dengan harga mirip dan juga kualitas yang bisa dipercaya.

RAM juga memiliki memori yang berbeda-beda, ada yang 1 GB, 2 GB, dan 4GB. Semakin besar RAM, semakin bagus juga performa komputer yang kamu beli. Seberapa banyak RAM yang bisa dipasang pada komputer, itu tergantung dari komputer kamu sendiri.


1. Prosesor
Jika pemilihan sistem operasi sudah bikin kamu bingung, memilih prosesor juga akan membuat kamu sama bingungnya. Apakah kamu mau membeli AMD atau intel? Kedua prosesor tersebut sama-sama prosesor komputer yang terkenal dan masing-masing memiliki harga yang sangat bersaing satu sama lain.

Memilih prosesor adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum membeli komputer. Prosesor dengan intel memang dikenal dengan harganya yang mahal, bagi yang kamu memiliki budget lebih, tidaklah masalah membeli prosesor intel. Tapi prosesor AMD juga memiliki kemampuan yang tidak kalah bila dibandingkan dengan intel. Ditambah lagi, harga prosesor AMD yang lebih terjangkau.

No comments

Powered by Blogger.