Header Ads

10 Tempat Sempurna Untuk Melakukan Bungee Jumping

Kamu yang menyukai olahraga ekstrim seperti bungee jumping pastinya ingin selalu mencari tempat baru untuk melakukan bungee jumping bukan? Tempat baru memberikan sensasi dan pemandangan berbeda yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Berikut ini ada 10 tempat di dunia yang sempurna untuk melakukan bungee jumping, seperti yang dikutip dari tahupedia.com. Bagi kalian yang tidak menyukai bungee jumping mungkin bisa ikutan mencoba, siapa tahu kalian nantinya bisa tertarik juga dengan olahraga ekstrim ini.


10. Verzasca Dam, Swiss
Dam atau bendungan biasanya dibangun sebagai sarana untuk menahan laju air. Laju air yang tertahan itu bisa dijadikan sebagai waduk, danau, tempat rekreasi, atau juga bisa menjadi pembangkit listrik. Sebuah dam bernama Verzasca Dam yang terletak di Swiss ternyata memiliki fungsi lain yakni digunakan untuk melakukan sebuah olahraga ekstrim.

Olahraga ekstrim yang dilakukan di Verzasca Dam tidak lain adalah olahraga ekstrim bungee jumping. Di tempat inilah Pierce Brosnan yang berperan menjadi agen rahasia Inggris 007 pertama kali melakukan aksi gilanya dengan melompat dari atas bendungan dengan ketinggian 220m. Jadi, jika kamu ingin merasakan sensasi seperti James Bond, tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk kamu lakukan bungee jumping.


9. The Last Resort, Nepal
Nepal adalah salah satu negara di Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan Cina dan juga India. Dengan 3 jam perjalanan dari kota Kathmandu, kalian bisa menemukan tempat sempurna untuk melakukan salah satu olahraga ekstrim bungee jumping yang bernama The Last Resort.

The Last Resort berlokasi di atas jurang, berdekatan dengan perbatasan Tibet. Di dalam The Last Resort terdapat sejumlah tenda safari yang dibuat agar para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan yang berada disana. Bungee jumpingnya sendiri bisa kalian lakukan di jembatan Bungy yang setinggi 160 meter. Untuk masalah keamanan, kalian tidak perlu khawatir karena semua peratalan bungee jumping sudah diukur sebaik mungkin agar keselataman pelompat tetap terjaga.


8. Extremo Park, Costa Rica
Untuk bisa memuaskan pecinta olahraga bungee jumping, di Amerika Laton belakangan ini telah dibuat tempat untuk melakukan bungee jumping. Tempat bungee jumping terbaru ini menjadi tempat bungee jumping tertinggi yang ada di Amerika Latin dengan ketinggian mencapai 143 meter di atas hutan Amerika Tengah.

Hutan ini terkadang berada dalam kondisi basah dan juga berawan. Tapi kondisi tersebut justru menambah keseruan untuk melakukan bungee jumping. Tidak hanya digunakan untuk bungee jumping, bagi pengunjung yang ingin mencoba olahraga lain, disediakan juga arena untuk melakukan zipline. Zipline adalah aktivitas menuruni ketinggian pada kabel suspensi.


7. Perrine Bridge, Amerika Serikat
Perrine Bridge aslinya bernama Twins Falls Jerome Intercounty Bridge, adalah sebuah jembatan besi yang dibangun pada September 1927. Dengan biaya yang memakan 650.000 USD, jembatan panjang ini digunakan untuk jembatan tol. Tapi tol tersebut dihapus di tahun 1940 setelah jembatan dibeli oleh pemerintah Idaho.

Baca Juga:  10 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu

Dengan tinggi 148 meter, jembatan di Amerika Serikat ini sangat sempurna untuk kamu jadikan tempat melakukan olahraga bungee jumping. Disana kamu bisa melompat sambil menikmati pemandangan indah daru sungai snake River Canyon. Tidak hanya sempurna untuk melakukan bungee jumping, Perrine Bridge juga sudah digunakan banyak orang untuk melakukan BASE jumping.


6. Kolnbrein Dam, Austria
Sebenarnya fungsi bendungan Kolnrein Dam yang berada di Austria ini tidaklah jauh berbeda dengan fungsi bendungan Verzasca Dam yang berada di Swiss yakni untuk menahan arus air. Kolnbrein Dam adalah dam raksasa yang dibangun antara tahun 1971 sampai 1979. Dam ini dibangun dengan ketinggian yang mencapai 200 meter. Dan bendungan inilah yang menjadi bendungan paling tinggi yang berada di Austria.

Dengan tinggi yang mencapai 200 meter tersebut tidak bisa membuat pecinta bungee jumping untuk tidak melakukan olahraga kesukaannya. Sudah sejak tahun 2010 orang-orang menggunakan bendungan ini sebagai tempat sempurna untuk melakukan olahraga bungee jumping. Tepat ketika sebuah skywalk dibangun di atas bendungan.


5. Bloukrans Bridge, Afrika Selatan
Inilah jembatan komersial terbesar yang ada di dunia, Blokrans Bridge. Dibangun di atas sungai Bloukrans River, Afrika Selatan, area bungee jumping ini memiliki ketinggian yang bisa membuat jantung siapapun copot dibuatnya yaitu 216 meter. Jembatan ini dioperasikan langsung oleh Face Adrenalin sejak tahun 1997.

Bagi para penggemar bungee jumping, jembatan ini adalah jembatan paling bersejarah yang ada di Afrika Selatan. Hal ini dikarenakan Bloukrans Bridge adalah jembatan bungee jumping pertama di Afrika yang telah ada sejak tahun 1990. Jembatan ini juga jembatan yang pernah masuk buku rekor Guinness karena seorang pria bernama Mohr Keet berhasil mencatatkan namanya sebagai pria tertua yang pernah melakukan bungee jumping, yakni 96 tahun.

Baca Juga:  5 Gunung Terpopuler di Dunia

4. Kaivopuisto, Finlandia
Orang Finlandia dikenal akan keberaniannya, terbukti dengan dibautnya tempat bungee jumping tertinggi di Finlandia yang bernama Kaivopuisto. Setiap tahunnya di akhir bulan Juli atau pertengahan Agustus, mereka menyelenggarakan olahraga bungee jumping. Di sana, orang akan melompat dari ketinggian yang mencapai 150 meter.

Di Finlandia, para pelompat diberi kebebasan untuk melompat. Dari sekedar melakukan bungee jumping biasa sampai dengan melompat dengan menggunakan papan snowboard. Jika kamu memang tertarik melakukan bungee jumping, Kaivopuisto adalah tempat yang cocok untuk kalian coba.


3. Europabrucke Bridge, Austria
Europabrucke Bridge dikenal juga dengan nama Europa Bridge atau Bridge of Europe, adalah sebuah jembatan sepanjang 777 meter yang berada di Austria. Jembatan ini membentang sungai Sill dan menjadi jalur utama melalui penggunungan Alpen menuju South Tyrol di Italia. Jembatan ini menjadi tempat sempurna bagi para pecinta bungee jumping.

Di jembatan ini, kalian bisa menikmati pemandangan menakjubkan yang dimiliki oleh pegunugan Alpen. Dengan ketinggian yang mencapai 192 meter, para pecinta olahraga ekstrim bisa menikmati pemandangan sekaligus memacu adrenalin mereka dengan melompat dari atas jembatan.

2. Macau Tower, Cina
Nama Macau Tower sudah sangat dikenal di dunia sebagai bangunan tempat dimana bungee jumping tertinggi di dunia dilakukan yaitu 233 meter. Lompatan pertama dari atas bangunan ini dilakukan oleh A.J. Hacket pada 17 Desember 2006. Dimana dirinya memecahkan rekor yang sebelumnya pernah ia buat dengan melompat dari menara Eiffel pada tahun 1987.

Macau Tower berlokasi di Macau, Cina. Dengan total tinggi 338 meter, diukur dari lantai bawah sampai puncak menara. Menara ini dilengkapi dengan ruangan observasi, restoran berbintang, bioskop, dan juga tempat belanja. Tidak hanya bungee jumping saja yang bisa dilakukan, di Macau Tower, kalian juga bisa menikmati berkeliling di sekitar menara yang dinamakan skywalk dan juga melihat pemandangan kota Macau dari puncak menara. Ketika aktivitas tersebut sama-sama bisa menguji kekuatan mental kalian.


1. Royal Gorge Bridge, Amerika Serikat
Macau Tower memang bangunan tertinggi untuk dilakukan olahraga ekstrim bungee jumping, tapi ketinggiannya masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Royal Gorge Bridge. Royal Gorge Bridge adalah sebuah jembatan besar dimana jembatan ini merupakan tempat paling tinggi untuk melakukan bungee jumping yakni 321 meter.

Jembatan ini merupakan jembatan tertinggi yang berada di Amerika Serikat. Royal Gorge Bridge sendiri merupakan jembatan yang menjadi pusat atraksi turis dekat kota Canon, Colorado. Sebuah taman hiburan bernama Royal Gorge Bridge & Park juga dibangun berdekatan dengan jembatan Royal Gorge.

Nah itulah ke 10 pilihan tempat yang tepat untuk melakukan bungee jumping.

No comments

Powered by Blogger.