Header Ads

15 Spesies Hewan Yang Terancam Punah

Menurut penuturan dari seorang ahli ekologi kelautan di World Conservation Monitoring Centre, Cambridge, Inggris menegaskan bahwa kelakuan manusia terkait penghancuran habitat alami, polusi udara, laut, darat, menangkap ikan secara besar besaran atau eksploitasi, menghancurkan kehidupan tanaman liar yang ada di darat dan laut, meskipun tidak membunuh semuanya, tapi menjadikan kehidupannya sangat rentan-menuju ke ambang kepunahan dan bergantung juga dengancara hewan beradabtasi dengan lingkungannya. Masalahnya, dalam beberapa masa yang akan datang, banyak sekali perubahan nyata yang akan terjadi.

Misalnya seperti perubahan iklim dan cuacayang tidak bisa menjamin satwa satwa bisa bertahan lagi. Ini adalah ancaman yang akan menyebabkan hewan yang hampir punah. Berikut 15 spesies hewan yang terancam punah.


1. Snow Leopard
Macan tutul salju (Uncia uncia atau Panthera uncia) adalah kucing yang cukup besar asli pegunungan Asia Tengah. Diperkirakan antara 3.500 dan 7.000 macan tutul salju ada di alam liar


2. Flamingos
Flamingo adalah spesies burung berkaki jenjang yang hidup berkelompok. Mereka berasal dari genus Phoenicopterus dan familia Phoenicopteridae. Burung ini ditemukan di belahan bumi barat dan timur, namun lebih banyak terdapat di belahan timur. Terdapat 4 spesies flamingo di Amerika dan 2 jenis flamingo di Dunia Lama. Dunia Lama terdiri dari sebagian wilayah dunia yang terdiri dari Eropa, Asia, dan Afrika (secara kolektif disebut sebagai benua Afro-Eurasia) sebelum ditemukannya Dunia Baru (Benua Amerika) oleh Christopher Columbus. Setelah penemuan Dunia Baru maka istilah ini digunakan sebagai lawan dari “Dunia Baru”.


3. Giant Panda
Perkiraan menunjukkan bahwa ada sekitar 1.590 Giant Panda yang tinggal di alam bebas.


4. Beruang Kutub
Beruang kutub (Ursus maritimus) adalah beruang yang menghuni sebagian besar wilayah di dalam lingkaran Arktik, mencakup Samudra Arktik. Dari 19 sub-populasi beruang kutub yang diketahui, 8 menurun, 3 stabil stabil, 1 meningkat, dan 7 tidak ada data yang cukup.


5. Arowana
Arowana adalah ikan air tawar bertulang dari family Osteoglossidae, kadang-kadang dikenal sebagai “bonytongues”.


6. Markhor
Markhor (Capra falconeri), adalah anggota terbesar dari family kambing dan ditemukan di timur laut Afghanistan, India utara (barat daya Jammu dan Kashmir), dan tengah Pakistan. Ada kurang dari 2.500 ekor dewasa yang terus menurun sebanyak 20% diperkirakan telah lebih dari 2 generasi.


7. Leopard
Macan tutul, Panthera pardus, adalah anggota dari keluarga Felidae dan terkecil dari empat “kucing besar” dalam genus Panthera, tiga lainnya adalah tiger, lion dan jaguar.

Baca Juga:  5 Hewan Ini Lebih Setia dari Pada Manusia

8. Bengal Tiger
Harimau Bengal, atau Royal Bengal tiger (Panthera tigris tigris atau Panthera tigris bengalensis) adalah subspesies harimau yang dapat ditemukan di India. Menurut WWF ada sekitar 2.000 harimau Royal Bengal di alam liar saat ini, termasuk 1.411 di India, 450 di Bangladesh, 150 di Nepal, 100 di Bhutan, serta beberapa di Myanmar dan China.


9. Hirola
Hirola (Beatragus hunteri, terkadang Damaliscus hunteri juga dikenal sebagai Hartebeest Hunter) adalah spesies antelop yang ditemukan di padang rumput kering di perbatasan antara Kenya dan Somalia. Hirola sangat terancam. Ada antara 500 sampai 1200 ekor di alam liar dan tidak ada yang berada dalam penangkaran.


10. Dhole<
Ajag atau Dhole (Cuon alpinus), juga dikenal sebagai Anjing Liar Asia, Anjing Liar India, atau Red Dog, adalah spesies yang terancam punah dari canid Asia, dan satu-satunya anggota dari genus Cuon. Jangkauan mereka sangat terfragmentasi dan berkurang dan ada sedikit lebih dari 2.000 ekor yang tersisa di alam.


11. Red Fox
Serigala Merah (Vulpes vulpes) adalah canid kecil asli dari sebagian besar daerah Amerika Utara dan Eurasia, serta Afrika utara.


12. Sifaka Van der Decken
Sifaka Van der Decken (Propithecus deckenii) adalah sifaka endemik Madagaskar.Panjang: 92cm hingga 107cm dengan ekor 42cm – 48 cm. Habitat: hutan decidious Cleaning, Barat Madagaskar.


13. Tupai Terbang Namdapha 
Tupai Terbang Namdapha (Biswamoyopterus biswasi), spesies tunggal ditempatkan di genus Biswamoyopterus, adalah tupai, terbang nokturnal endemik  India


14. Cattle Egret
Cattle Egret (Bubulcus ibis) adalah cosmopolitanheron [family Ardeidae] ditemukan di daerah tropis, subtropis dan daerah beriklim hangat


15. Serigala Himalaya
Serigala Himalaya (Canis himalayensis) merupakan spesies canid yang terancam punah. Serigala Himalaya hanya memiliki populasi kecil yaitu 350 ekor

No comments

Powered by Blogger.