Header Ads

5 Alasan Anda Wajib Ke Banyuwangi

Sunrise of Java’, begitu julukan Kabupaten Banyuwangi yang terletak di ujung Jawa Timur. Kabupaten ini seringkali terlewat oleh traveler, padahal banyak alasan untuk mengunjunginya akhir pekan ini. Dijamin tidak bosan!

Banyak alasan Anda harus liburan ke Banyuwangi, baik saat mengunjungi Jawa Timur atau melakukan perjalanan ke Pulau Bali. Berikut 5 di antaranya, seperti yang dikutip dari detik.com


1. Dari gunung sampai pantai
Kabupaten Banyuwangi punya segudang tempat wisata, dari gunung sampai deretan pantai eksotis tempat digelarnya ajang surfing internasional. Sebut saja Gunung Ijen, dengan kawah dan ‘api biru’ yang tak pernah padam.

Sedangkan soal pantai, Banyuwangi punya deretan pesisir dengan panorama memukau. Mulai dari Pantai Pulau Merah yang terkenal sebagai destinasi surfing kelas dunia, sampai Teluk Hijau yang airnya super jernih. Dijamin ingin langsung nyebur!


2. Kulinernya maknyus!
Siapa sangka, Banyuwangi punya khazanah kuliner unik yang tidak terdapat di daerah lain. Banyak kuliner di Banyuwangi yang merupakan gabungan dua makanan sekaligus sebut saja, Rujak Soto. Belum lagi kuliner Banyuwangi terkenal pedas seperti Nasi Tempong.

Jangan kuatir soal harga, karena biaya hidup termasuk makanan di Banyuwangi sangat murah. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas pernah mengatakan, Banyuwangi adalah kota kedua dengan biaya hidup termurah di Indonesia setelah Kediri.


3. Coffee shop keren
Orang Blambangan, sebutan bagi warga asli Banyuwangi, punya rumah adat bernama Osing. Traveler bisa melihat suasana desa tradisional Banyuwangi di Kemiren, tepatnya Sanggar Genjah Arum. Di sini pula, turis bisa menikmati kopi khas Banyuwangi yang maknyus!

Di tempat ini ada beberapa rumah tradisional Banyuwangi. Anda bisa menikmati suasana sambil menyeruput kopi khas Banyuwangi, dan menikmati alunan alat musik tradisional menggunakan lesung padi.

Baca Juga:  7 Objek Air TerjunYang Tersembunyi di Bali


4. Halo, Pak Bupati
Tepat di depan Taman Sritanjung, Banyuwangi, terdapat komplek rumah dinas Bupati Banyuwangi yang sudah ditempati sejak 1771. Pendopo Sabha Swagata Blambangan, atau biasa disingkat ‘Pendopo’ oleh warga Banyuwangi pun terus berbenah. Kini, di era Bupati Abdullah Azwar Anas, Pendopo semakin cantik bahkan bisa dimasuki wisatawan!

Salah satu ‘highlight’ di tempat ini adalah Green House, alias guesthouse beratap rumput yang tampak seperti bunker bawah tanah. Green House ini punya 6 kamar utama, ruang makan, dan dapur bersih. Bangunan keren ini dirancang oleh arsitek kenamaan Indonesia, yakni Adi Purnomo.

Taman yang berada di bagian tengah komplek sangat cantik. Rumput hijau memenuhi segala penjuru, pohon-pohon menjulang tinggi. Sangat cantik seperti di luar negeri!


5. Antara Jawa Timur dan Bali
Kabupaten Banyuwangi berlokasi strategis, masuk dalam wilayah Jawa Timur sekaligus dekat dengan Pulau Bali. Hal ini mempermudah traveler untuk melanjutkan perjalanan ke dua destinasi tersebut.

Sedikit melipir dari Banyuwangi, Anda bisa menyambangi Taman Nasional Baluran yang terkenal sebagai ‘Africa van Java’. Bisa juga menyambangi TN Bromo Tengger Semeru dan melihat sunrise menawan dari Pananjakan. Atau, blusukan ke beberapa daerah Pulau Dewata yang belum terjamah seperti TN Bali Barat. Pasti seru dan tak terlupakan!

No comments

Powered by Blogger.