Header Ads

5 Fakta Menarik Seputar Ingatan Manusia

Setiap manusia pasti memiliki otak. Dengan adanya otak manusia dapat mengingat banyak hal yang terjadi selama hidupnya, seprti masa kanak-kanak, mengingat pelajaran, mengingat nama-nama orang dan masih banyak lagi. Semua hal dapat di simpan di otak untuk di ingat.

Banyak para ilmuwan masih meneliti tentang ingatan manusia yang begitu hebat yang bisa mengingat banyak hal dalam sepanjang hidupnya. Namun, sampai saat ini ingatan masih menjadi misteri yang belum bisa dipecahkan.

Tapi, meskipun manusia bisa mengingat semua hal di otaknya, ada kalanya manusia bisa melupakan ingatan yang sudah ia ingatan. Seperti lupa menyimpan kunci. Sering kali kita lupa menyimpan kunci yang baru saja kita simpan. Hal ini masih menjadi pertanyaan para ilmuwan bagaimana bisa manusia melupakan ingatan yang baru saja ia lakukan.

Namun, harus kamu ketahui bahwa ada beberapa fakta menarik tentang ingatan kamu yang harus kamu ketahui. Fakta berikut ini mengenai bagaimana seseorang bisa melupakan hal tersebut.

Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima fakta menarik seputar ingatan kamu yang harus kamu ketahui.


1. Melewati pintu bisa membuat orang lupa

Pernah kah kamu mengalami lupa pada saat setelah melewati pintu? Ya, kejadian yang satu ini sering kali dialami oleh banyak orang. Banyak orang yang lupa ketika ia sudah melewati pintu. Hal ini dikarenakan saat melewati pintu ingatan akan memulai ingatan yang baru sehingga melupakan hal yang baru saja terjadi saat sebelum melewati pintu. Menurut beberapa penelitian, melewati pintu, baik masuk atau pun keluar, di lihat sebagai batasan pikiran otak yang membuatnya bereaksi dengan ingatan baru dan memisahkkan ingatan lama seseorang dengan yang baru .

Menurut penelitian, pemisahan ini sangat berguna untuk ingatan menyusun ingatan dari yang awal hingga akhir. Jadi, hal ini sangat wajar terjadi untuk kebaikan ingatan seseorang.


2. Aktivitas menghapus ingatan

Tanpa kita sadari bahwa ada beberapa aktivitas yang dapat membuat seseorang lupa ingatan untuk sementara waktu. Salah satu kegiatan yang sering membuat seseorang lupa adalah hubungan seksual. Hubungan seksual bisa membuat seseorang menjadi lupa ingatan untuk sementara waktu.

Baca Juga:  Fakta Menarik Tentang Hujan

3. Otak di program untuk melupakan masa balita

Apakah kamu masih ingat tentang masa balita kamu? pastinya tidak semua orang yang bisa melakukannya. Harus kamu ketahui bahwa otak memang di program untuk melupakan masa balita kamu dengan alasan untuk meningkatkan kinerja otak kamu. Saat dewasa kamu pasti tidak akan bisa mengingat apa yang telah terjadi saat kamu masih balita, dan hal itu wajar saja terjadi karena memang otak telah melupakan masa balita untuk memperbaiki otak manusia.


4. Kenangan tetap ada

Sering kali seseorang mengalami lupa ingatan namun kenangan akan tetap ada. Hal ini dikarena saat itu seseorang tersebut sudah melupakan ingatan tentan hal tersebut, namun otak tidak pernah melupakan dan masih menyimpannya dengan baik, dan sewaktu-waktu akan di putar kembali oleh otak di saat seseorang tersebut sudah lupa.


5. Luka pada sebabkan amnesia

Seseorang dapat mengalami amnesia yang tidak biasa jika terjadi masalah dengan struktur otaknya yang berkaitan dengan ingatan. Biasanya hal ini membuat seseorang bisa kesulitan untuk menyimpan ingatan tersebut.

No comments

Powered by Blogger.