Header Ads

5 Kota Bawah Tanah Paling Indah di Dunia

Di planet Bumi tersimpan banyak misteri. Salah satu misteri terletak di bawah tanah. Dibentuk oleh sejarah, cuaca dan kondisi geografi, kota-kota bawah tanah ini memiliki pondasi menarik dan refleksi kehidupan manusia di atasnya. Pesonanya tak kalah dari kehidupan di daratan.

Beberapa diantara kota bawah tanah ini telah lama ditinggalkan dan menjadi usang, sementara yang lainnya masih berfungsi dengan sangat baik dan digunakan sebagai ruang perkotaan. Berikut 5 kota bawah tanah paling menakjubkan sejagat raya, seperti yang dilansir jadiberita.com.


1. Underground City Montreal, Kanada
Sekilas melihat gambar di atas tentu layaknya kawasan pertokoan biasa, bukan? Namun, jangan salah, kawasan ini terletak di bawah tanah, lho! Lebih dari seperempat juta orang menggunakan kota bawah tanah di Montreal, Kanada yang dikenal dengan nama jaringan RESO.

Kawasan ini adalah tempat berkumpulnya toko-toko, restoran, hotel hingga galeri yang menempati ruang bawah tanah. RESO Montreal terdiri dari 32 kilometer terowongan yang tersebar di 10 kilometer persegi dari pusat kota.


2. Tambang Garam Wieliczka, Polandia
Tambang Garam Wieliczka merupakan bekas tambang garam yang terletak di Cracow, Polandia yang telah beroperasi selama lebih dari 700 tahun. Kini Wieliczka telah menjadi objek wisata yang dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Di sini kamu akan menemukan serangkaian gua yang indah, ukiran-ukiran cantik, patung-patung dan monumen semua diukir dari garam. Terdapat sekitar 300 km terowongan yang terbagi menjadi sembilan tingkat, tapi hanya tiga tingkat saja yang dibuka untuk wisatawan. Berkat keunikan tambang garam ini, UNESCO telah menetapkannya menjadi Situs Warisan Dunia.


3. Underground Atlanta
Underground Atlanta dikenal sebagai “kota di bawah jalan raya” yang terletak di Georgia, Amerika Serikat. Kota yang telah dibuka sejak tahun 1969 ini berisi pusat perbelanjaan dan hiburan di kawasan pusat kota Atlanta Five Points.

Baca Juga:  5 Fakta Hotel Bawah Laut Pertama di Dunia

Kompleks meliputi enam blok kota dan termasuk di dalamnya terdapat pusat belanja, makan dan hiburan. Selain belanja dan makan, pengunjung Underground Atlanta dapat mencoba tur berkeliling melihat 11 situs bersejarah di bawah tanah selama 50 menit.


4. Coober Pedy, Australia
Coober Pedy kota bawah tanah di atas gurun yang gersang. Kawasan di sini sangat menakjubkan. Terletak di Australia Selatan, Coober Peedy ini dihuni 3.000 penduduk. Meski luas lahanya benar-benar kecil, tapi di sini sangat lengkap, ada restoran, hotel, pertokoan dan gereja.

Coober Pedy adalah tempat produksi Opal, salah satu jenis batu mulia terbesar dan tercantik di dunia. Karena keunikannya dan minat dunia yang tinggi, akhirnya masyarakat setempat kemudian memutuskan untuk bekerja sekaligus tinggal di bawah tanah.


5. Cappadocia, Turki
Cappadocia yang berada wilayah Turki ini dikenal menjadi rumah bagi banyak kota bawah tanah. Namun, salah satu kota bawah tanah yang terdalam adalah Derinkuyu. Kota bawah tanah ini akan membawa kamu berada di kedalaman 85 meter dari permukaan dan diklaim bahwa ruang bawah tanah ini mampu menampung lebih dari 20.000 orang.

Jaringan bawah tanah ini berupa terowongan yang terdiri dari kamar, tempat penyimpanan, kandang kuda, dan gereja. Kota bawah tanah ini dibuka untuk umum pada tahun 1965, namun tidak semua bagian bisa dieksplorasi hanya sebagian kecil saja yang dapat diakses.

No comments

Powered by Blogger.