Header Ads

5 Lukisan Unik Termahal di Dunia

Lukisan merupakan karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan media kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain. Seni lukis telah ada sejak zaman prasejarah contohnya adalah Lukisan-lukisan tertua berada di Chauvet Grotte di Perancis, diklaim oleh beberapa sejarawan dari kurang lebih 32.000 tahun yang lalu. Lukisan itu diukir dan dicat memakai oker merah dan pigmen hitam dan menampakan kuda, badak, singa, kerbau.

Berikut yaitu 5 Lukisan Unik Termahal di Dunia, seperti dikutip dari paling-unik.com.


1. Dora Maar au Chat – Pablo Picasso (US$ 95,2 juta)
Lukisan ini diselesaikan oleh Pablo Picasso pada tahun 1941. Lukisan ini menggambarkan seorang perempuan yang memiliki hubungan dengan Pablo, Dora Maar. Kekasih Pablo ini dilukis sedang duduk di kursi dengan seekor kucing mungil bertengger di bahunya. Karya ini jadi salah satu lukisan paling mahal di dunia.


2. Boy with a Pipe – Pablo Picasso (US$ 104,2 juta)
Lukisan ini pun diselesaikan oleh Pablo Picasso pada tahun 1905. Lukisan ini menggambarkan laki laki Perancis dengan baju berwarna biru dengan bunga diatas kepalanya. Di tangan kirinya, laki-laki ini nampak sedang memegang pipa. Pada bulan Mei 2004, lelang yang dilakukan oleh Sotheby New York membuat gebrakan besar didunia seni. Lukisan ini yaitu lukisan perdana yang terjual dengan harga diatas US$ 100 juta.


3. Nude, Green Leaves and Bust – Pablo Picasso (US$ 106,5 juta)
Dalam bahasa Perancis, lukisan tahun 1932 karya Pablo Picasso ini dikenal dengan sebutan Nu au Plateau de Sculpteur. Marie-Therese Walter, seorang perempuan yang mengilhaminya untuk membuat lukisan ini. Lukisan ini adalah bagian dari koleksi pribadi di Tate Britain di London.

Baca Juga:  5 Tempat Terunik dan Ajaib di Seluru Dunia

4. The Scream – Edvard Munch (US$ 120 juta)
Lukisan ini adalah versi keempat yang diciptakan oleh Edvard Munich. Lukisan tersebut dibuat dengan memanfaatkan minyak, tempera dan pastel. Edvard menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1895 dan merupakan karyanya yang dibilang sangat mahal. Lukisan ini dijual pada Sotheby’s Impressionist dan Modern Art Auction pada tahun 2012 dan dibeli oleh Leon Black.


5. Portrait of Adele Bloch-Bauer – Gustav Klimt (US$ 135 juta)
Gustav Klimt menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1907 dengan kanvas berukuran 54 x 54 inci dan memakai minyak, emas dan perak. Akuisisi paling baru dari lukisan ini dibuat oleh Ronald Lauder pada tahun 2006 dan ditampilkan di galeri nya, Neue Galerie di New York City. Lukisan ini dibuat disaat Klimt sedang berada di Wina. Ferdinand Bloch-Bauer, yang adalah seorang tokoh industri gula, menugaskan Klimt untuk melukis istrinya, Adel Bloch-Bauer.

Itulah kelima lukisan unik termahal di dunia.

No comments

Powered by Blogger.