Header Ads

5 Senjata Militer Paling Lebay Sepanjang Sejarah

Seperti yang kita tahu, sepanjang sejarah ini sudah banyak senjata militer yang berhasil diciptakan. Meskipun senjata-senjata tersebut harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit, tetapi hasilnya memuaskan.

Namun pernahkah kamu ketahui, bahwa ada beberapa senjata militer sepanjang sejarah yang dianggap lebay alias berlebihan. Ya, senjata tersebut dibuat secanggih mungkin dan semahal mungkin, tetapi sayangnya hanya menjadi proyek sia-sia.

Dikutip dari VIVA.co.id, berikut ini adalah lima senjata militer paling lebay sepanjang sejarah:


1. The Battleship
Battleship merupakan kapal perang pertama yang memiliki ukuran besar dengan HMS Dreadnought. Pada tahun 1906, desainnya sangat revolusioner. Tidak seperti kapal perang generasi sebelumnya. Dreadnought juga dilengkapi 10 meriam yang berukuran 12 inch.

Namun sayang, dibalik kegagahan kapal tersebut ternyata tidak memiliki fungsi apa-apa. Karena saat perang berlangsung, kapal ini jarang sekali berada di garis depan pertempuran karena sifat lambannya. Sehingga kapal itu hanya menjadi bahan pertunjukkan saja.

Akhirnya, kapal perang terbesar itu pun menjadi perdebatan karena dinilai justru menghambat perang dan terlalu memakan biaya besar yang seharusnya digunakan untuk sektor lain.


2. Tank Tiger I
Senjata yang paling lebay sepanjang sejarah berikutnya adalah Tank Tiger I atau Nazi Jerman Panerkampfwagen VI Tiger Ausf.E. Tank Tiger adalah salah satu tank yang paling ditakuti di arsenal Wehrmacht dan Waffien-SS, karena tank ini ukurannya sangat besar dan dilengkapi dengan baju besi frontal tebal yang mungkin tak bisa tembus oleh senjata anti-tank pada masanya.

Yang semakin membuat lawannya takut lagi adalah tank tersebut memiliki meriam besar dengan ukuran 88 mm, yang ditempatkan di batalyon tank independen.

Namun sayangnya, tank yang ditakuti ini justru hancur pada 1942. Hal ini disebabkan Tiger tidak memiliki fitur seperti baju besi miring. Tak hanya itu, yang membuat tank ini mudah hancur juga karena sering mengalami kerusakan dan boros bahan bakar. Padahal, tank ini sudah mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Sebagai perbandingan, Soviet membangun lebih dari 60.000 tank T-34 Panther. Meski tank tersebut cukup kecil, namun tank ini lebih cepat dan lebih bermanuver dibandingkan Tank Tiger I. Selain itu Panther juga lebih terlindungi dari depan dengan armor miring 88mm, yang menawarkan kinerja yang unggul dibandingkan dengan Tiger 100mm daro pelat baja datar.

Namun yang lebih terpenting lagi, biaya produksi Panther lebih murah dan bahkan bisa diproduksi lebih cepat dibandingkan Tiger.

Baca Juga:  5 Pesawat UFO Buatan Nazi Yang Pernah Bikin Geger Dunia

3. Ilyushin II-2 Sturmovik
Selama Perang Dunia II, Ilyushin II-2 Sturmovik dinilai salah satu pesawat serangan darat yang bisa mencapai status mitologis dalam militer Soviet. Meski begitu, banyak yang mempertanyakan kehebatan dari pesawat militer tersebut.

Karena di saat Aircrew Soviet, Sturmovik menyebabkan kerugian besar ketika melawan Luftwaffe selama Front Timur. Penyebabnya sendiri diketahui karena Sturmovik tidak memiliki kemampuan manuver yang tinggi.

Parahnya, Sturmovik juga tidak membawa bom besar terutama jika dibandingkan dengan P-47 Thunderbolt dan Hawker Typhoon milik negara Barat. Parahnya lagi, pesawat ini tidak cepat dalam menjatuhkan senjata.


4. Norden Bombsight
Berikutnya adalah Norden Bombsight. Norden Bombsight sendiri adalah inovasi Perang Dunia II lain yang tidak sesuai diharapkan. Bayangkan saja, militer AS sudah rela menghabiskan dana sebesar 1,5 miliar dolar AS, jumlah yang luar biasa untuk tahun 1940.

Namun hasilnya, bombsight hanya proyek sia-sia. Hal ini juga diakui oleh Inggris, yang menyebut kesia-siaan presisi bom-bom untuk seluruh kota Jerman. Persisi serangan udara benar-benar tidak layak sampai munculnya bom dipandu laser menjelang akhir Perang Vietnam.


5. Jet Tempur Generasi Ke-5
Senjata militer yang paling lebay sepanjang sejarah yang berada dideretan terakhir ialah jet tempur generasi ke-5. Pesawat ini bisa dikatakan paling lebay karena produksi ini telah menghabiskan dana sebanyak 470 miliar dollar AS pada F-22 dan F-35.

Meski biaya yang dikeluarkan Amerika Serikat sudah banyak, tetapi masa produksinya masih membutuhkan waktu yang lama. Saking lamanya, mereka sudah usang dalam beberapa kasus. Contohnya, sensor elektro-optik yang dibenamkan di hidung F-35 sudah 10 tahun dipasang, tetapi pesawat ini belum juga beroperasi.

Tak sampai di situ, untuk menjaga pesawat dalam pelayanan juga harus membutuhkan biaya lebih dari satu triliun dolar. Parahnya lagi, pesawat ini juga harus dimodifikasi berulang-ulang demi menjaga penampilannya untuk tetap relevan.

Menariknya, hal ini dimanfaatkan oleh Rusia dan China, yang sudah bekerja pada pertahanan udara jaringan baru digabungkan dengan radar baru yang beroperasi di UHF dan VHF yang mengancam untuk menetralisir investasi besar-besaran Amerika di jet tempur generasi ke-5.

Akhirnya, senjata F-22 dan F-35 berhasil dikalahkan oleh senjata radar band UHF dan VHF dengan seketika. Alhasil, senjata yang bernilai trilunan itu hanya terbuang sia-sia.

Italah dia ke lima senjata paling lebay sepanjang sejarah. Bisa dibilang itu senjata gagal total.

No comments

Powered by Blogger.