Header Ads

6 Uang Logam Terunik Sepanjang Masa

Dalam kehidupan, kita mengenal yang namanya uang. Uang digunakan sebagai alat transaksi dalam proses jual beli. Dalam perkembangannya, pemerintah suatu negara biasanya mencetak uang dalam dua bentuk, yaitu bentuk kertas dan logam.

Uang logam yang pernah diedarkan di dunia ini ada berbagai macam bentuk. Beberapa diantaranya berbentuk sangat unik. Seperti ke enam uang logam ini yang bentuknya sangat unik. Mau lihat seperti apa? Yuk, simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.


1. Silver Thaler Of Leopold I Holy Roman Empire (1696)
Yang pertama ada desain uang logam Silver Thaler of Leopold I Holy Roman Empire. Desain logam ini dianggap menarik karena menggunakan wajah pemimpin kekaisaran Roma Leopold I dalam desainnya.


2. Uang Logam lumba-lumba Kaum Olbia (500-300 SM)
Uang logam lumba-lumba kaum Olbia ini bentuknya sangat unik. Uang ini dipakai oleh warga Olbia pada masa 500-300 sebelum masehi. Olbia sendiri merupakan daerah utara laut hitam yang kini berubah menjadi negara Bulgaria dan Ukraina.


3. Uang Pisau Dinasti Zhou China (600 – 200 SM)
Uang logam yang satu ini digunakan oleh Dinasti Zhou di China pada 600-200 sebelum masehi. Masyarakat Dinasti Zhou membuat uang jenis ini dengan bentuk yang beragam, namun biasanya bentuk uang ini selalu terdiri dari pegangan, pisau, dan biasanya sebuah lubang di dasar pegangan.

Baca Juga:  Spiderman Justru Lebih Mirip Kadal Ini Dari Pada Laba-Laba

4. The Stella (1879 – 1880)
Uang logam ini diterbitkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1879. Uang logam ini bernama The Stella yang nilainy setara dengan pecahan mata uang di bawah Latin Monetary Union (LMU).


5. 50 Centavos Kolombia (1921)
Uang logam 50 Centavos Kolombia ini digunakan sebagai alat pembayaran didalam wilayah karantina.


6. Uang Sekop Dinasti Zhou China (1122 – 500 SM)
Selanjutnya ada uang logam berbentuk sekop. Uang ini digunakan pada tahun 1122 hingga 500 sebelum masehi. Uang berbentuk sekop menjadi uang standar dalam beberapa abad untuk beberapa kerajaan di China.

Itulah dia ke enam uang logam yang bentuknya sangat unik.

No comments

Powered by Blogger.