Header Ads

7 Hal Yang Sebaiknya Dihindari Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Bagaimana kita memulai hari biasanya akan berpengaruh terhadap seluruh kegiatan kita seterusnya pada hari itu. Kalau kita memulai hari dengan tubuh yang enggak bertenaga, biasanya sulit membuat hari itu untuk jadi lebih produktif. Ternyata terdapat 7 kesalahan yang biasa dilakukan orang-orang pada pagi hari yang membuat pagi kita jadi kurang maksimal.

Hmm, apa saja ya? Yuk, lihat 7 hal yang sebaiknya dihindari saat bangun tidur di pagi hari ini.


1. Memencet tombol ‘snooze’.

Para ahli yang mempelajari tidur mengatakan kalau menunda alarm, atau yang biasa muncul dengan tombol bertuliskan snooze, bukanlah ide yang baik. Kenyataannya adalah setiap kali kita memencet tombol tersebut dan kembali tidur, kita memasuki perputaran pola tidur yang enggak bisa kita selesaikan. Hal ini membuat kita menjadi sangat lelah dan malas ketika akhirnya harus bangun.


2. Mempertahankan posisi meringkuk di kasur.

Saat bangun tidur, regangkan kaki dan tangan saat masih berada dalam posisi berbaring di kasur. Semakin kita meregangkan tubuh kita, kita akan menjadi semakin percaya diri dan bahagia setelahnya. Mereka yang bangun tidur meringkuk seperti kucing biasanya lebih mudah stres dan mengantuk setelahnya.


3. Enggak merapihkan tempat tidur.

Percaya enggak percaya, merapihkan tempat tidur setelah bangun diasosiasikan dengan meningkatkan produktivitas kita hari itu, lho. Selain itu, kebiasaan penting ini adalah langkah pertama untuk membantu kita memulai kebiasaan baik lainnya.


4. Langsung membuka e-mail atau handphone setelah bangun tidur.

Memeriksa e-mail atau handphone segera setelah terbangun akan mengalihkan pikiran dari tugas penting yang harus kita lakukan. Fokus kepada kegiatan produktif daripada melihat-lihat kotak masuk dan sosial media kita.

Baca Juga:  Pria Botak Lebih Seksi Ketimbang Pria Gondrong 
5. Bangun dalam gelap.

Jam biologis tubuh kita sangat sensitif dengan terang dan gelap. Kalau kita terbangun dengan cahaya yang gelap, otak kita akan bingung dan membuat kita jadi mengantuk. Buka gorden jendela kita agar cahaya matahari bisa masuk atau nyalakan lampu yang terang kalau di luar masih gelap.


6. Minum kopi.

Kalau kamu adalah tipe orang yang memilih untuk minum kopi di pagi hari untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Diantara jam 8 dan jam 9 di pagi hari, tubuh kita memproduksi sejumlah besar hormon yang mengatur energi. Jadi, kalau kita minum kopi sebelum jam 9:30 di pagi hari, tubuh kita akan mengurangi produksi hormon tersebut, membuat kita jadi kurang berenergi.


7. Kebiasaan adalah segalanya.

Menurut para ahli sains, keinginan yang kuat atau biasa disebut dengan willpower itu terbatas, dan kalau kita menghabiskannya untuk melakukan hal-hal kecil hanya untuk memperpanjang pagi kita, kita akan kurang berenergi pada sisa hari tersebut. Fokus untuk bersiap-siap dan ciptakan rutinitas yang membuat kita bergerak secara otomatis di pagi hari tanpa perlu menggunakan willpower kita. Lebih baik menyimpan willpower kita untuk hal lain saat beraktivitas siang hingga malam hari.

No comments

Powered by Blogger.