Header Ads

Informasi dan Kondisi Bayi Pada Usia Kehamilan 4 Bulan

Dalam masa kehamilan terutama sudah menginjak bulan ke-4 atau minggu ke-13 maka sang janin sudah mulai membentuk indra atau bahkan sudah memiliki retina, kornea, iris serta lensa mata yang sudah dapat berfungsi.

Dalam memasuki awal kehamilan 4 bulan sang ibu sudah dapat merasakan gerakan-gerakan yang ditimbulkan oleh sang bayi didalam perut. Dalam masa-masa ini banyak perubahan yang akan terjadi pada sang ibu, diantaranya yaitu sering muntah di pagi hari (morning sickness) dan beberapa gejala yang tidak pernah dialami saat sedang tidak hamil.

Beberapa gejala tersebut kadang membuat sang ibu panik karena sebelumnya saat tidak mengalami kehamilan gejala tersebut tidak pernah terjadi. Tenang saja, hal ini wajar terjadi saat Anda atau istri Anda dalam masa kehamilan. Beberapa gejala perubahan-perubahan yang sering terjadi saat kehamilan 4 bulan diantaranya sebagai berikut, seperti dikutip dari tandatandakehamilanwanita.blogspot.co.id.


Kehamilan 4 bulan berkisar antara minggu ke-14 sampai minggu ke-16.


  1. Pada saat janin berusia 14 minggu Pada saat-saat ini sudah akan muncul telinga disisi kanan dan kiri sang bayi dengan posisi normal. Demikian pula dengan mata, mata akan mengarah pada posisi sebenarnya yaitu lurus kedepan. Selain itu alat kelamin juga berkembang semakin nyata, dalam masa ini organ kelamin pada bayi sudah dapat dibedakan apakah janin yang dikandung laki-laki maupun perempuan. Dan denyut jantung sang bayi pun akan berdetak lebih kuat dan cepat dari pada denyut jantung Anda.
  2. Sedangkan pada minggu ke-15 Bayi yang ada didalam perut sudah mampu mendengarkan suara sang ibu, mendengarkan denyut jantung, suara yang ditimbulkan dari perut. Pada masa ini rambut pada bayi akan tumbuh dibagian kepala, bulu mata serta alis.
  3. Nah, pada minggu ke-16 Sedangkan pada minggu ke-16 ini, akan sering terjadi gerakan-gerakan yang cepat dan kuat yang ditimbulkan oleh sang bayi itu sendiri. Dalam minggu ke-16 bayi sudah berbentuk normal dan Anda sudah bisa secara pasti mengetahui jenis kelaminnya.

Baca Juga:  4 Kebiasaan Ini Bikin Kendor Payudara Cewek

Itulah tadi beberapa masa atau fase kehamilan 4 bulan yang Anda dapat ketahui dan mungkin akan Anda rasakan. Selalu menjaga pola hidup sehat dengan makan-makanan yang banyak mengandung mineral maupun vitamin. Dengan menjaga pola hidup sehat secara tidak langsung hal itu mempengaruhi tumbuh kembang bayi didalam perut.

Semoga dengan Anda mengetahui tentang apa saja yang akan dialami saat kehamilan menginjak 4 bulan diatas, dapat selalu bermanfaat bagi Anda.

No comments

Powered by Blogger.