Header Ads

Ini Jalan Tersempit di Dunia dan Gang dengan Traffic Light

Pada titik mana jalan tidak lagi disebut jalan? Atau apa bedanya antara jalan dan gang? Dibawah ini adalah beberapa jalan tersempit di dunia yang meskipun sebenarnya adalah gang, tapi mereka disebut sebagai jalan atau street seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com


Jalan Tersempit di Dunia
Menurut Guinness Book of Records, jalan tersempit di dunia terletak di kota tua Reutlingen, Jerman. Ini sebenarnya adalah gang sempit, yang disebut Spreuerhofstraße, antara dua rumah yang dibangun berdekatan. “Jalan” ini lebarnya hanya 31 cm pada titik tersempitnya dan lebar rata-ratanya 40 cm. Jalan ini juga tidak panjang – hanya 3,8 meter. Tapi karena terletak di atas tanah kota, orang-orang dari Reutlingen bersikeras mengatakan bahwa itu adalah jalan umum.

Tidak banyak yang dapat dilihat di Spreuerhofstraße, dan jalan ini juga tidak sangat cantik. Untuk menggunakan jalan kita harus menyelusup bersentuhan dengan dua dinding, dan ketika hujan, air menetes dari selokan sebuah rumah setengah kayu tua di satu sisinya. Meskipun ribuan wisatawan dari Asia dan Amerika berduyun-duyun untuk mengunjungi gang ini, pengunjung tidak diharuskan untuk masuk melalui celah karena terdapat kemungkinan mereka terjebak. Siapapun yang tingginya lebih dari 1,8 meter harus membungkuk untuk melewatinya. Beberapa penduduk setempat secara bercanda mengatakan bahwa Spreuerhofstraße adalah sebagai patokan untuk mengukur keberhasilan diet mereka.



Gang dibangun pada tahun 1727 selama upaya rekonstruksi setelah daerah itu benar-benar hancur dalam kebakaran besar di tahun 1726. Pada tahun 1820, seorang administrator balai kota memutuskan untuk mengangkat status gang kecil ini menjadi sebuah jalan publik. Pada tahun 2007 jalan ini masuk ke dalam Guinness Book of Records sebagai jalan tersempit di dunia.


Penopang mencegah dinding runtuh menutup jalan
Pada satu titik, dinding salah satu rumah yang membuat jalan tersebut mulai miring dan membuat jalan menjadi lebih sempit. Pihak berwenang khawatir bahwa jika bertambah miring, jalan mungkin akan menjadi begitu sempit sehingga manusia tidak akan lagi dapat menggunakannya. Jika itu terjadi, maka Spreuerhofstraße akan kehilangan statusnya sebagai “jalan” sekaligus rekornya. Rumah tidak bisa diruntuhkan karena itu akan membuat jalan menjadi terlalu lebar. Jadi pemerintah kota memutuskan untuk menopang bangunan dan kemungkinan akan terus menopang struktur ini sampai selama mungkin.


Parliament Street
Rekor untuk jalan tersempit di dunia sebelumnya dipegang oleh Parliament Street di Exeter, Inggris, yang menurut AMJG, juga kurang pantas disebut sebagai “jalan”. Panjang jalan 50 meter dan lebarnya sekitar 1,2 meter di titik terlebarnya dan kurang dari 0,64 meter di titik tersempitnya.


Baca Juga:  Jembatan Unik di Jepang

Jalan menghubungkan High Street ke Waterbeer Lane dan bertanggal kembali ke abad ke-14. Jalan ini sebelumnya disebut Little Lane sebelum berganti nama pada tahun 1832.


Jalan Sempit dengan Lampu Bangjo
Di jantung kawasan tertua di Prague, di Mala Strana yang bersejarah atau “Little Quarter”, ada sebuah jalan sempit sehingga tidak mungkin untuk dua orang berpapasan disana, tidak peduli seberapa keras mereka mencoba. Jalan yang bernama Vinarna Certovka ini lebarnya hanya 50 sentimeter dan panjangnya sekitar 10 meter diantara beberapa rumah dekat dengan Charles Bridge. Jalan yang terdiri dari beberapa anak tangga batu ini menghubungkan jalan U Luzickeho Seminare ke restoran Certovka di tepi kanal Certovka.


Untuk kenyamanan pejalan kaki, dua lampu lalu lintas dipasang di kedua ujung jalan sebagai sinyal apakah jalan kosong atau seseorang sedang melewatinya. Karena kebanyakan orang yang menggunakan jalan adalah wisatawan. Mereka biasanya tak memperhatikan lampu sinyal, sehingga biasanya berakhir bertabrakan dengan seseorang yang berasal dari ujung yang berlawanan.



Menurut pemilik Certovka Restaurant, Suatu saat pernah ada turis Jerman yang gemuk terjebak. Dia tidak bisa naik atau turun. Petugas mencoba untuk mendorongnya kembali ke luar, tapi sia-sia. Pada akhirnya petugas menggunakan sabun, jadi turis gemuk tersebut bisa meluncur lebih mudah.

Di kota-kota besar di negara-negara berkembang seperti Jakarta, Delhi dll, gang-gang kecil dan sempit seperti diatas tentu tak terhitung jumlahnya. Hanya mungkin keberadaannya saja yang tak diketahui oleh Guinness Book of Records

Baca juga jalan paling miring di dunia disini

No comments

Powered by Blogger.