Header Ads

Makam Permaisuri Mesir Kuno Ditemukan

Pemerintah Mesir mengumumkan bahwa tim arkeolog Ceko telah menemukan makam Khentakawess III. Menurut Menteri Kepurbakalaan Mesir Mamdouh Eldamaty, keberadaan Khentakawess III tidak diketahui sebelumnya. Dua ratu Mesir sebelumnya dengan nama Khentakawess sudah diketahui.

Khentakawess III, atau Khentkaus III, adalah permaisuri Mesir kuno yang hidup pada masa Dinasti Kelima. Ia diduga sebagai istri firaun Neferefre dan ibu firaun Menkauhor Kaiu.

Makam Khentakawess III ditemukan di Abusir, tempat berdirinya beberapa piramida yang dipersembahkan kepada para firaun Dinasti Kelima, termasuk Neferefre. Makam tersebut ditemukan dekat kompleks pemakaman Neferefre oleh tim arkeolog Ceko yang dipimpin Miroslav Bárta dari Universitas Charles, Praha, bekerja sama dengan tim Mesir.

Baca Juga:  Penampakan Isi Rumah Nabi Muhammad, Sangat Sederhana Sekali

Nama dan jabatan Khentakawess tertulis di dinding terdalam makam, kemungkinan ditulis oleh para pembangun makam. Relief makam menyebut Khentakawess III sebagai “istri raja” sekaligus “ibu raja”, artinya ia memiliki putra yang naik takhta. Patung dan 24 peralatan berbahan batu kapur serta 4 alat tembaga yang menjadi bagian dari harta jenazah juga ditemukan di makam ini. Makam ini dibangun pada pertengahan Dinasti Kelima.

Para arkeolog menduga makam ini milik istri Neferefre dengan melihat lokasinya yang dekat dengan kompleks pemakaman Neferefre, tepatnya di sebuah pemakaman kecil di sebelah tenggara.

Menteri Kepurbakalaan Mesir Mamdouh Eldamaty mengatakan: “Penemuan ini akan membantu kita mengetahui lebih banyak tentang Dinasti Kelima yang melanjutkan pembangunan piramida-piramida pertama Mesir bersama Dinasti Keempat.”

Jika anda ingin tahu siapakah firaun pada jaman Musa dan pada zaman dinasti apakah firaun Musa berkuasa, anda dapat membacanya disini

No comments

Powered by Blogger.