Header Ads

Tes IQ Anda dengan Logika-Logika Sederhana Ini

Cara berpikir kita terbentuk dari pengalaman kita sehari-hari. Kadang kebiasaan cara berpikir kita malah lebih menyulitkan kita dalam beberapa kasus. Oleh karena itu jangan biasakan cara berpikir anda. Biarkanlah dia meloncat dan menari-nari di kepala anda.

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan sederhana yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, yang kami yakin anda semua bisa menjawabnya dengan benar. Cobalah!


1. Cara berpikir Diluar Kebiasaan Kadang Lebih Memudahkan
Contoh sederhananya adalah jika anda disuruh mencari beda/selisih keliling dua buah lingkaran yang sepusat, dan yang diketahui hanyalah jarak antara dua tepi lingkaran tsb, yaitu 10. (lihat gambar). tanpa perlu susah-susah menghitung, anda bisa menjawabnya dengan cepat dan benar.


2. Gambar yang Menipu.
Jika jarak antar lengkung adalah sama, lebih luas manakah antara dua daerah yang diarsir?


3. Jangan Lupakan Hal yang Mendasar
Kadang bertambahnya pengetahuan kita tentang sesuatu hal, malah membutakan kita akan pengetahuan dasar yang telah kita ketahui sebelumnya. Contoh menarik: Pertanyaan berikut ini biasanya membingungkan bagi mereka yang memengenal teori Pythagoras.

Jika P adalah titik yang berada disisi lingkaran yang berdiameter 8, dan garis tegak lurus ditarik dari P ke diameter AB dan CD, maka berapakah panjang garis EF?


4. Kemudahan yang Menjebak
Jika satu kartu domino dapat menutupi dua buah kotak pada papan catur, maka ada berapa buah kartu domino yang diperlukan untuk menutupi seluruh permukaan papan catur yang dipotong satu kotak pada kedua ujungnya yang berhadapan secara diagonal? (seperti pada gambar)


5. Tak Perlu Ahli Kimia
Ada dua buah gelas, gelas I berisi air kopi dan gelas ke II berisi air susu dg volume yang sama. Dari gelas I kita ambil sesendok air kopi lalu kita tuangkan ke gelas II. Kemudian dari gelas ke II (susu yg telah tercampur oleh sesendok kopi) kita ambil sesendok yang sama dan kita tuangkan ke gelas I. Lebih banyak manakah? susu yang ada digelas kopi atau kopi yang ada digelas susu?


6. Kesalahan Logika, Menghasilkan Kesimpulan yang Aneh
Tiga orang sahabat, A, B, C patungan masing-masing sebesar 1000 utk membeli sate. mereka memberikan uang 3000 yang terkumpul kepada si D untukk membelikannya. Tak lama kemudian si D kembali membawa sate dan kembalian 500 rupiah. Atas kesepakatan, uang kembalian tsb oleh tiga sahabat tadi dibagi: 200 rupiah diberikan kepada si D sebagai upah, dan sisanya 300 mereka bagi bertiga, jadi masing-masing mendapat 100.

Kalau diurut dari belakang, karena masing-masing mereka (A,B,C) mendapat 100 rupiah kembali, maka ketiga sahabat tadi sebenarnya hanya mengeluarkan uang sebesar 900, yang kalau dikalikan tiga adalah 2700. Jika kemudian ditambah dengan uang 200 yang diberikan ke si D tadi, berarti total uang adalah 2900. Padahal uang mereka tadi adalah 3000. Kemanakah yang 100?
DAPATKAH ANDA MENUNJUKKAN KESALAHANNYA?

Baca Juga:  3 Alasan Mengapa Orang Males Bisa Lebih Sukses

7. Persegi Ajaib Dalam Kalender
Pernahkah anda melihat kalender bukan karena mencari tanggal merah, tapi have fun?
Lihatlah kalender anda (bulan dan tahun bebas), pilihlah persegi 3×3 yang bisa anda buat dari 9 angka-angka yang tersusun dikalender. Setiap persegi 3×3 yang anda buat, PASTI akan berlaku:

(angka terkecil dlm persegi + 8 ) x 9 = jumlah semua angka baris kedua x 3

Contoh LIHAT GAMBAR. angka terkecil adalah 9 dan jumlah baris kedua adalah 16 + 17 + 18 = 51
Jadi (9+8) x 9 = 153 sama dengan 51 x 3 = 153
MENGAPA DEMIKIAN?


8. Permainan Sederhana yg Fantastis: Menara Hanoi
Syarat:
1. Satu langkah hanya satu keping yang bisa dipindahkan
2. Keping yang lebih kecil tidak boleh berada dibawah keping yang lebih besar

a. Pada gambar diatas, ada 5 keping di tiang paling kiri. Berapa langkah paling sedikit yang diperlukan untuk memindahkan semua keping ke tiang yang paling kanan.

b. Jika ada 64 keping yang tersedia di tiang kiri, dan tiap langkah anda hanya perlu waktu 1 detik, maka berapa lamakah anda dapat menyelesaikannya?


9. Kemungkinan Terbesar
Yang Terakhir ini menjadi perdebatan yang panjang dan menarik dari para ahli matematika. Tapi mainstream matematikawan telah menetapkan suatu tindakan yang optimal jika anda berada dalam posisi ini:
Anda disuruh memilih 1 diantara 3 kotak yang salah satunya berisi mobil jaguar & dua lainnya berisi ZONK/tak berharga. Ketika anda sudah memilih satu kotak, presenter membuka satu dari dua kotak yg bukan anda pilih, dan ternyata berisi ZONK. Sekarang tinggal 2 kotak, yang satu pilihan anda dan satunya lagi yang bukan pilihan anda. Lalu presenter menawarkan kepada anda apakah anda ingin mengganti pilihan, atau tetap pada pilihan pertama. Dalam situasi ini, manakah strategi terbaik? tetap konsisten atau mengganti pilihan?

Setelah anda mencoba menjawabnya, silahkan lihat jawaban dari Pertanyaan-pertanyaan diatas, disini.
Selamat Mencoba 😊

No comments

Powered by Blogger.