Header Ads

10 Kebenaran Dibalik Misteri Legenda Kuno

Semua mitos dan legenda umumnya memiliki beberapa dasar kebenaran atau logika manusia, meski samar-samar. Biasanya, kejadian sebenarnya yang terinspirasi menjadi legenda seringkali terdistorsi, kadang membabi buta agar tercipta cerita yang fantastis dan bisa dikenang sepanjang masa.

Mitos dan legenda sering diciptakan untuk menimbulkan ketakutan, kekaguman atau loyalitas dalam masyarakat dan peradaban. Beberapa legenda kadang sangat jelas terkait dengan peristiwa sejarah yang benar-benar ada, seperti pertempuran, yang telah ditambahi bumbu cerita yang menakjubkan.

Berikut adalah 10 Kebenaran Dibalik Misteri Legenda Kuno seperti yang dikutip dari dream.co.id.


10. Kuda Trojan
Nama Kuda Trojan telah menjadi terminologi modern dan legenda yang merupakan bagian dari kesadaran universal kita. Tapi dari mana legenda ini berasal? Kisah Kuda Trojan sendiri pertama kali muncul sekitar 750 SM dalam puisi Odyssey karya penyair Yunani Kuno, Homer. Peristiwa perang sebenarnya diduga terjadi 500 tahun sebelum legenda ini ditulis dalam bentuk puisi.

Kisah Kuda Trojan menceritakan bagaimana Yunani, setelah mengepung kota Troy selama bertahun-tahun, memutuskan memasang strategi pura-pura menyerah dengan meninggalkan kota Troy. Mereka memberi kuda kayu raksasa, sebagai hadiah perdamaian, kepada kerajaan Trojan untuk Dewi Athena. Setelah di dalam tembok kota, prajurit Yunani muncul dari dalam kuda dan membakar kota. Bukti arkeologi menunjukkan fakta bahwa Troy memang dibakar. Namun, kuda kayu tampaknya hanya sebuah penghias cerita.


9. Alexander the Great
Alexander Agung memiliki banyak kisah yang menceritakan kehebatannya, baik yang kuno dan adaptasi modern. Tapi apakah kisah-kisah dia benar-benar semuanya menakjubkan? Berbeda sekali dengan banyak potret ideal dan cerita tentang dia, bentuk fisik Alexander Agung ternyata kurang mengesankan dalam kehidupan nyata.

Para sejarawan mengklaim bahwa sumber terpercaya pada masanya menggambarkan dia sebagai sosok kecil, pendek dan bertubuh gempal yang suka marah-marah tak terkendali. Sumber-sumber ini mengatakan bahwa ia bukan pahlawan, tapi paranoid dan kejam. Namun, berkat itu semua, dia berhasil menguasai dan membuat sebuah kerajaan yang membentang dari Mesir ke India dan tidak pernah kehilangan pertempuran.


8. Kotak Pandora
Pesan moral dalam kisah Kotak Pandora mirip dengan kisah Hawa. Meskipun diceritakan dan diadaptasi dalam budaya lain dan sebagian dunia, kisah Kotak Pandora dimulai di Yunani Kuno. Saat tinggal di dunia tanpa kesulitan atau kesengsaraan, Pandora diberi kotak misterius. Kotak itu sendiri mengandung segala macam keburukan dan kejahatan.

Dan meskipun sudah memperingatkan, Zeus tahu Pandora akan tetap membukanya karena rasa ingin tahunya yang besar. Kisah ini diceritakan sebagai pengingat bagi manusia untuk taat dan mengikuti norma-norma agama dan budaya yang ada. Tapi, tentu saja, tidak ada dasar faktual dari cerita fantastis ini.


7. Menara Babel
Menara Babel adalah menara tertinggi di Bumi yang pernah dibangun di zaman Babylonia. Menara yang tingginya hampir sama dengan Gunung Semeru ini berdiri setelah zaman Nabi Nuh pasca banjir bandang. Kini, bekas-bekas menara ini bahkan dapat dilihat dari tampilan lansekap dari satelit.

Menara yang dibangun untuk menyembah Dewa Marduk ini dihancurkan oleh Alexander Agung. Dia mungkin penakluk besar terakhir yang menyaksikan kejayaan menara tersebut. Dia ingin membangunnya kembali, tapi meninggal sebelum memulai. Selama bertahun-tahun, para penakluk terus berusaha untuk membangun kembali, tetapi Menara Babel tidak pernah lagi terwujud.


6. Dracula
Dracula, vampir terkenal pertama kali ditulis oleh Bram Stoker, memang ada tapi mungkin tidak sebagai vampir. Nama aslinya adalah Vlad the Impaler. Nama Dracula berasal dari ayahnya, yang disebut “Dracul,” atau “setan” dalam bahasa Rumania. Istilah Dracula karena itu berarti ia “anak Dracul.”

Sebagai bangsawan Transylvania, Vlad hidup dalam masa yang berdarah dan dipenjarakan dua kali. Ayahnya dibunuh, seperti saudaranya, yang dikubur hidup-hidup. Vlad diberi nama “Vlad the Impaler” selama pemerintahannya sendiri, yang berlangsung dari 1448 hingga 1476.

Ia memperoleh julukan tersebut karena kegemarannya menyiksa musuh-musuhnya dengan menombak mereka dan meninggalkannya selama berhari-hari untuk mati. Ia bahkan dikabarkan telah mencelupkan roti dalam darah korbannya. Akhirnya, ia dikalahkan dan kepalanya dipenggal dan dipajang. Tubuhnya kemudian menghilang secara misterius dan belum ditemukan.

Baca Juga:  Legenda 'Manusia Abadi' Dari Berbagai Keyakinan Ini Akan Membuatmu Tercengang


5. Merlin the Wizard
Merlin the Wizard muncul dalam kisah-kisah Raja Arthur, tapi ini bukan kejadian pertama namanya muncul dalam literatur. Seorang pria tanpa ayah, Merlin memiliki kekuatan sihir yang dapat dipakai untuk tujuan baik dan jahat. Asal usul mitos Merlin digambarkan pertama kali oleh Geoffrey dari Monmouth pada 1136 AD dan muncul dalam tulisan-tulisannya tentang Sejarah Raja-Raja di Inggris. Merlin digambarkan sebagai anak setan serta hamba Tuhan, yang membuatnya sosok karakter paradoks. Ia didasarkan pada banyak orang dan karakter dari fakta dan fiksi.


4. Pied Peniup Seruling
Mungkinkah Pied Piper atau lebih dikenal dalam buku dongeng sebagai Peniup Seruling dari Hamelin benar-benar ada? Kisahnya sebagian benar sementara tentang bagaimana anak-anak menghilang tidak diketahui secara pasti. Sejarawan percaya telah terjadi yang menginspirasi kisah menyeramkan ini.

Seperti yang diceritakan dalam kumpulan dongeng Grimmm Brothers, kisahnya dimulai saat kota Hamelin dilanda wabah tikus. Satu hari, Pied Peniup Seruling datang dan mengaku bisa mengusir tikus-tikus namun ia minta bayaran tinggi. Pied kemudian meninggalkan kota sambil meniup serulingnya sambil diikuti oleh tikus-tikus itu. Setelah semua tikus pergi, si peniup seruling kembali menuntut bayarannya, namun para warga menolak membayarnya.

Pied keluar dari kota tersebut meniup serulingnya sambil diikuti oleh anak-anak kota Hamelin. Kisah sebenarnya? Sekitar tahun 1282, kota Hamelin mendirikan peringatan berupa jendela kaca patri yang menggambarkan anak-anak dibawa pergi oleh seorang pria dan sebuah prasasti di kaca menyebutkan bahwa 130 anak-anak dibawa pergi dan hilang sekitar tahun itu. Tikus-tikus dalam dongeng ditambahkan di kemudian hari.


3. Manusia Serigala
Werewolves telah menjadi dongeng populer di genre fantasi modern, tetapi kisah mereka telah ada untuk waktu yang sangat lama. Bahkan, manusia serigala adalah salah satu dongeng tertua dalam genre manusia monster. Manusia serigala atau Lycanthropes adalah manusia yang berubah bentuk menjadi serigala atau yang menyerupai serigala.

Bahkan ada catatan sejarah manusia serigala diadili, diburu dan dieksekusi. Manusia serigala dituduh sebagai makhluk setan yang beberapa bahkan mengatakan manusia serigala membunuh ternak dan melakukan perbuatan jahat lainnya.

Asal mula kisah manusia serigala hampir mirip dengan kisah penyihir. Orang membuat cerita tentang manusia serigala sebagai cara untuk mengendalikan populasi ternak dan menjelaskan apa yang terjadi ketika seseorang tergoda oleh pikiran jahat dan iblis. Diperkirakan bahwa serangan serigala dan rabies bersama dengan takhayul dan imajinasi yang dikombinasikan untuk menciptakan imej menyeramkan dalam bentuk manusia serigala.


2. Prajurit Wanita Amazon
Para prajurit wanita Amazon telah hadir dalam sejarah selama berabad-abad. Sebagian besar wanita Amazon digambarkan dalam sisi yang negatif, terutama oleh penulis pria. Prajurit Amazon selalu digambarkan sebagai sekelompok perempuan berwajah jelek dan kelaki-lakian yang sangat tidak suka pria. Apakah ada kisah nyata di balik kisah-kisah prajurit perempuan kuat ini? Karena mereka sering muncul dalam dongeng Yunani.

Tetapi mereka mungkin juga benar-benar ada di kehidupan nyata. Dalam buku The Amazon, penulis Adrienne Walikota menunjuk bukti yang luar biasa bahwa perempuan-perempuan ini memang ada. Ada kerangka yang ditemukan dari prajurit wanita ini bersama dengan busur, panah, tombak dan bahkan kuda. Bahkan sekitar sepertiga dari wanita Scythian (suku penunggang kuda Eurasia) dikuburkan bersama berbagai jenis alat perang dan senjata. Kerangka bahkan memiliki trauma dan luka pertempuran.


1. Raja Arthur
Kisah Raja Arthur terus hidup, bahkan meski dia sendiri telah tiada ratusan tahun yang lalu. Tapi apakah legenda tentang Arthur benar-benar ada? Ternyata apa yang orang baca dan pelajari saat ini tentang kisah Raja Arthur adalah campuran dari banyak legenda yang berasal dari periode waktu yang berbeda.

Kendati demikian ada bukti bahwa legenda terinspirasi oleh seorang raja yang benar-benar ada. Bukti untuk Raja Arthur merujuk pada seorang Jenderal Inggris pada abad ke-5. Dia berjuang untuk negaranya melawan suku sekitarnya dan dianggap sebagai pahlawan. Dia pertama kali ditulis dalam sejarah pada 830 Masehi oleh Nennius.

Kemudian, kisahnya mulai dibumbui banyak cerita. Pada abad ke-11, hidupnya diringkas dari lahir sampai mati oleh Geoffrey dari Monmouth, pria yang juga menulis tentang Merlin serta Guinevere. Ide Holy Grail tidak diperkenalkan kemudian. Jadi sementara itu tampak seolah-olah Raja Arthur benar-benar ada, legenda yang mengelilingi hidupnya dibuat berlebihan dan penuh fantasi.

Baca Juga:  Penemuan Kota Dewa Monyet yang Hilang

No comments

Powered by Blogger.