Header Ads

10 Perbatasan Unik Antar Negara

Setiap negara tentu memiliki yang namanya perbatasan. Perbatasan ini biasanya ditandai dengan bentuk yang beragam. Mulai dari gapura besar, tugu, patung-patung besar hingga perbatasan alami seperti sungai, laut atau pegunungan.

Fungsi perbatasan ini sendiri mencakupi tiga hal. Pertama, fungsi legal, artinya negara dapat menerapkan aturan hukum sejauh batas wilayah yang dimilikinya secara bebas tanpa ada campur tangan dari pihak lain.

Kedua, fungsi kontrol, yaitu negara dapat melakukan pengawasan negara terhadap lalu lintas orang dan barang yang keluar maupun masuk melalui batas negara.

Dan yang terakhir adalah fungsi fiskal, adalah fungsi di mana negara bisa mengenakan fiskal terhadap pergerakan barang dan orang dalam batas-batas tertentu sesuai dengan ketentuan hukum yang dilakukan secara wajar.

Bicara soal perbatasan, tercatat ada beberapa perbatasan antar negara yang paling unik di dunia.

Melansir Tribuntravel.com, inilah 10 perbatasan antar negara paling unik dari berbagai penjuru dunia.


1. Swedia – Finlandia
Perbatasan antar negara terunik di deretan pertama datang dari negara Swedia dan Finlandia. Bukanlah tugu atau patung besar, melainkan hanya sebuah lapangan golf. Unik bukan?


2. Kanada – Amerika Serikat
Berikut ini tak kalah uniknya. Perbatasan kedua negara ini berada di sebuah kafe bernama Derby Line.


3. Belgia – Belanda
Perbatasan kedua negara ini juga cukup unik. Perbatasannya meliputi balok-balok yang ditandai (+). Di sisi kiri adalah Belanda dengan kode ‘N’, sementara kode ‘B’ untuk negara Belgia.


4. Polandia – Ukraina
Perbatasan berikut ini terlihat seperti ikan raksasa jika dilihat dari ketinggian. Ikan raksasa ini merupakan hasil karya seorang seniman asal Polandia, Jaroslaw Koziara.

Baca Juga:  4 Negara dengan Seragam Sekolah Paling Seksi di Dunia


5.Argentina – Paraguay – Brazil
Ketiga negara ini hanya dibatasi oleh sebuah sungai.

Di sisi kanan adalah Brazil, sedangkan di tengah negara Paraguay. Dan di sisi kirinya merupakan Argentina. Lucu ya?


6. Jerman – Belanda
Apa jadinya jika pembatas antar dua negara berada di dalam bangunan? Nah inilah yang terjadi di kedua negara ini. Pembatas kedua negara ini melewati sebuah bangunan di Eurode Bussines Center.


7. Nepal – China
Jika pembatas negara lainnya dapat dilihat dengan jelas, yang berikut ini justru tidak. Pasalnya pembatas dua negara ini berada di ketinggian, yakni di Gunung Everest.


8. Jerman – Republik Ceko
Pegunungan indah ini merupakan pembatas antar negara Jerman dengan Republik Ceko.


9. Rusia – Amerika Serikat
Meski jarak kedua pulau ini tidak begitu jauh, hanya sekitar 35 kilometer. Namun perbedaan waktu keduanya mencapai 21 jam.


10. China – Mongolia
Patung dinosaurus super besar ini dapat kamu lihat jika berkunjung di perbatasan antara China dan Mongolia. Tidak diketahui apa alasan menggunakan patung dinosaurus, namun yang pasti membuat orang terpukau ketika melintas.

No comments

Powered by Blogger.