Header Ads

5 Benda Purba Paling Misterius di Bumi

Sebuah ilmu sejarah kebudayaan manusia di masa lampau sangatlah berharga buat manusia yang hidup di zaman masa depan ini. Arkeologi inilah yang menjadi aset terpenting bagi manusia saat ini untuk bisa mengenal benda – bend atau peninggalan di masa lampau yang mungkin sangat sulit di temui di masa kini.

Ada beberapa benda purba yang kini bisa dikenal manusia seperti artefak, ekofak maupun fitur. Namun tak hanya itu saja, dengan adanya ilmu Arkeologi , benda – benda yang misterius dan tidak banyak di kenal orang pun bisa untuk diketahui.

Mau tahu apa sajakah benda-benda yang dimaksud? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 benda purba paling misterius di bumi.


1. Callanish Stones
Salah satu benda purba yang paling misterius yakni Callanish Stones yang berasal dari Skotlandia . Diketahui jika Callanish Stones dibuat pada Zaman Perunggu yang pada saat itu digunakan sebagai tempat melakukan aktivitas ritual. Diduga Callanish dibuat sekitar 4.500 hingga 5.000 tahun sebelum masehi.

Callanish ini pada dasarnya merupakan lima baris batu berdiri yang berhubungan dengan lingkaran tersebut. Letak batu Callanish ini diantaranya dua batu yang paling panjang mengarah ke utara, dan yang paling pendek mengarah ke barat daya.


2. Stonehenge
Stonehenge ini juga merupakan benda peninggalan di jaman purba yang terletak di Wiltshire, Inggris. Stonehenge ini merupakan bentuk bangunan yang dikatakan misterius yang dibangun 2.500 tahun sebelum masehi. Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge adalah lingkaran.

Batu Stonehenge ini dikabarkan tidak bisa berdiri tegak kembali karena banyaknya wisatwan yang berkunjung dilokasi tersebut sejak ada awal abad ke-20, kebanyakan dari batu-batu itu tidak lagi berdiri tegak. Hal ini kemungkinan disebabkan banyaknya wisatawan yang menaiki Stonehenge pada sekitar abad ke-19 karena keingintahuan mereka yang besar. Semenjak itu, telah dilakukan tiga tahap renovasi untuk menegakkan kembali batu yang miring atau terbalik, dan untuk mengembalikan batu-batu tersebut ke tempat semula dengan teliti.

Meski demikian, Stonehenge dipercaya telah melalui renovasi sekitar 1.500 tahun. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan konstruksi besar-besaran di sekitar monumen tersebut.


3. Garis Nasca
Garis Nasca merupakan salah satu benda peninggalan sejarah yang juga masih misterius sampai saat ini. Nasca Lines merupakan rangkaian geoglif yang terletak di Gurun Sechura, khususnya di Gurun Nasca, di Peru.

Garis Nasca ini diketahui merupakan karya kebudayaan Naca antara 200 tahun sebelum masehi hingga tahun 700 yang di dalamnya terdapat ratusan gambar seperti burung, laba-laba, monyet, ikan hiu, kadal, dan sebagainya.

Baca Juga:  Penemuan Dwaraka - Kota Sang Krishna Yang Tenggelam

Namun sampai saat ini tidak diketahui siapa pembuat asli garis Nasca ini . Hanya saja keberadaan garis Nasca berhadi ditemukan setelah adanya pengetahuan peradaban Nazca.


4. Carved Discs
Batu bulat Carved Discs ini merupakan salah satu benda peninggalan sejarah yang terletak di dekat Volgograd, Rusia . Batu Carved ini ditemukan oleh sekelompok tim investigasi Rusia yang di dalamnya berisi tungsten dengan kepadatan logam tinggi yang digunakan dalam teknologi militer.

Dalam sejumlah penelitian dari ilmu Arkeolog jika batu Carved Discs ini ini berasal dari Mars dan jatuh ke bumi ketika terjadi penyerangan di Planet Merah itu.


5. Batu Bulat di Hutan Bosnia
Batu bulat yang yang ditemukan di hutan Bosnia ini juga merupakan benda peninggalan sejarah yang terletak di Kota Zavidovici.

Batuan tersebut merupakan buatan tangan manusia yang membuktikan eksistensi mereka pada 1.500 tahun lalu. Batu bulat ini berukuran radius lima kaki (setara 1,5 meter). Batu ini memiliki kadar besi yang sangat tinggi yang berasal dari abad pertengahan, sekitar Zaman Perunggu atau Romawi. Batu-batu ini disebut sebagai pengendapan semen mineral alami.

Nah, itulah dia kelima benda purba peninggalan sejarah yang paling misterius.

No comments

Powered by Blogger.