Header Ads

5 Tempat Angker di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah salah satu propinsi di pulau Jawa yang banyak terdapat peninggalan sejarah seperti keraton dan candi-candi, yang dibangun pada saat tanah Jawa masih dikuasai oleh beberapa kerajaan.

Selain kaya akan tempat wisata sejarah, propinsi Jawa Tengah juga masih sangat kental dengan adat istiadat Jawa, sehingga perayaan-perayaan adat yang mengunakan sesajen masih sangat mudah ditemukan di beberapa kota di Jawa Tengah.

Selain itu, beberapa tempat di Jawa Tengah juga dipercaya angker, bahkan beberapa di antaranya sering dikunjungi orang untuk berlatih ilmu gaib. Lantas, dimana saja tempat angker di Jawa Tengah tersebut? Berikut ulasannya…


1. Alas Roban
Tempat angker di Jawa Tengah yang pertama yaitu Alas Roban, yang merupakan salah satu jalur pintas tercepat untuk menuju daerah Semarang dari arah Jakarta. Alas Roban ini terletak di kawasan hutan jati di Plelen, Grising, Kabupaten Batang.

Tapi sayang, Alas Roban bukan hanya dikenal sebagai hutan biasa, sebab di jalur tersebut sering terjadi kecelakaan. Konon katanya, tempat ini dulunya pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat Petrus.

Petrus adalah salah satu pasukan khusus yang ada pada saat Soeharto masih jadi orang nomor satu di Indonesia. Nah, kebanyakan kecelakaan di tempat ini sering dihubung-hubungkan dengan makhluk penunggu tempat ini.


2. Gunung Merapi
Hal gaib dan gunung adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan di Indonesia, sebab banyak gunung-gunung di Indonesia yang terkenal dengan cerita seramnya. Salah satunya yaitu Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah.

Salah satu cerita tentang keangkeran gunung Merapi ini yaitu adanya sebuah tempat yang dinamakan pasar bubrah, dimana di tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat berkumpulnya makhluk halus di gunung Merapi.

Cerita-cerita keangkeran gunung ini juga dibenarkan oleh beberapa pendaki gunung yang mengaku pernah mendengar suara gamelan di sekitar gunung tersebut. Tapi, terlepas dari cerita-cerita horor tersebut, gunung merapi adalah salah satu destinasi favorite bagi pecinta alam, khususnya para pendaki gunung.


3. Lawang Sewu
Kalau bangunan peninggalan Belanda yang satu ini wajib dimasukan ke daftar tempat angker di Jawa Tengah. Sebab, bangunan yang masih berdiri megah di Semarang ini sudah dikenal luas sebagai salah satu tempat angker di Indonesia yang sering dijadikan tempat untuk uji nyali.

Dulunya, bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini difungsikan sebagai kantor NIS, dan sempat juga dipergunakan sebagai camp tentara Belanda pada saat itu. Kini, banyak cerita horor yang berasal yang didapat pengunjung ketika datang ke tempat ini.

Baca Juga:  13 Tempat Angker di Jakarta

Ada yang mengaku melihat penampakan Noni Belanda, atau melihat tentara Belanda tanpa kepala. Bahkan beberapa stasiun TV yang mengangkat tema horor berhasil mendapatkan rekaman beberapa bayangan di sekitar bangunan bersejarah ini.


4. Batu Tematen Watu Agung
Tempat angker di Jawa Tengah selanjutnya yaitu Batu Tematen Watu Agung. Tempat ini berada di antara perbatasan dusun Sembir dengan desa Watu Agung di Semarang. Batu tersebut tergelatak di pinggir jalan.

Batu ini dinamakan ”Batu Tematen Watu Agung“ karena diyakini mempunyai kekuatan gaib, bahkan beberapa orang mengaku pernah melihat sosok tinggi besar sedang duduk di atas batu tersebut, dan dikelilingi ular yang besar.

Makanya, banyak orang yang sudah tahu dengan cerita batu ini, enggan untuk melewati kawasan ini, karena takut kalau diganggu penunggu batu tersebut.


5. Grojokan Sewu
Grojokan Sewu adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di kawasan Gunung Lawu. Pemandangan air terjun di tempat ini sangat luar biasa indahnya, makanya tidak heran, jika tempat ini selalu ramai dikunjungi bila musim liburan.

Nah, di dekat air terjun tersebut, ada sebuah jembatan yang dinamakan ” kreteg pegat “, dimana nama tersebut bermakna ” perceraian “. Nama jembatan tersebut ternyata dilatarbelakangi oleh peristiwa nyata sepasang pengantin pada tahun 70-an.

Saat itu, pasangan pengantin tersebut, habis piknik ke tempat ini, tapi sayang ketika mereka pulang ke Madiun, mereka mengalami kecelakaan yang akhirnya menewaskan pasangan pengantin tersebut. Kini, saat menjelang petang di sekitar jembatan tersebut, dikatakan akan muncuk sosok seorang kakek-kakek di antara kabut di sekitar jembatan tersebut.

Nah, itulah beberapa tempat angker di Jawa Tengah. Ada baik bila melewati tempat yang diyakini angker, sebaiknya jangan pernah berpikir yang macam-macam, dan jangan pernah melakukan hal-hal yang tidak baik.

No comments

Powered by Blogger.