Header Ads

6 Efek Samping Terlalu Sering Makan Telur

Telur adalah salah satu makanan penolong yang multifungsi. Bisa dijadikan dadar, telur rebus, mata sapi dan sebagainya. Saat tanggal makin menua, telur dan nasi saja sudah cukup mewah jadi makanan sehari-hari.

Tapi tunggu, makan telur terlalu sering atau bahkan setiap hari juga bisa memberikan efek samping yang kurang baik bagi Anda. Apa saja ya? Berikut ini penjelasannya.


1. Meningkatkan Kolesterol
Telur mengandung lemak sekitar 200 mg per butirnya. Konsumsi 6 butir dalam seminggu adalah batas maksimal yang diperbolehkan. Namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan aktivitas hidup yang lebih dinamis. Bila tidak, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung.


2. Menghasilkan Jerawat
Telur juga bisa membuat kulit kita menumpuk minyak atau mengalami jerawat hormonal. Telur sama halnya seperti kacang dan makanan pedas, sama-sama bisa memicu munculnya jerawat di kulit.


3. Resiko Diabetes
Kandungan lemak dalam telur juga bisa memicu penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Makan telur ayam setiap hari membuat pria beresiko 55% mengalami diabetes tipe dua. Sedangkan wanita, sekitar 77%. Ups, ganti dengan protein nabati, yuk.

Baca Juga:  Puasa Dapat Menyehatkan Jantung


4. Menambah Berat Badan
Karena kandungan lemaknya tinggi, telur juga bisa membuat kita menambah berat badan. Bila ingin lebih sehat, sebaiknya makan telur 2-3 hari sekali untuk wanita yang merasa kelebihan berat badan.


5. Ketidakseimbangan Hormon
Konsumsi terlalu banyak telur membuat hormon mudah naik turun. Apalagi pada wanita. Konsumsi protein hewani macam ini sebaiknya diatur dengan lebih banyak sayur dan buah untuk mengimbangi efek sampingnya.


6. Menimbulkan Alergi
Bagi Anda yang mudah alergi makanan, telur jenis tertentu (apalagi sekarang banyak telur imitasi) bisa membuat kita mengalami alergi. Bila Anda ingin konsumsi telur yang aman, selalu perhatikan apakah telur Anda berkualitas baik, tidak busuk, kulitnya tidak retak dan sebagainya. Hal ini meminimalisir efek tidak higienis dari telur yang bisa membuat alergi makanan.


Telur memang baik untuk kesehatan. Namun porsi yang tepat selalu bisa memberikan hasil yang maksimal dibanding porsi yang berlebihan. Selamat menikmati telur Anda.

No comments

Powered by Blogger.