Header Ads

7 taman kota terbaik ini bisa jadi alternatif liburan murah di akhir pekan

Wisata asyik tapi murah di tengah kota? Memang bisa? Eits, jangan salah, Kawan Muda bisa kok piknik-piknik cantik di taman kota. Belakangan ini, kota-kota di Indonesia berlomba-lomba mempercantik taman kota masing-masing.

Beberapa taman kota pun kini terlihat lebih menarik. Dengan penataan taman yang rapi dan bersih, taman kota bisa menjadi alternatif wisata murah untuk menghabiskan liburan akhir pekan bareng keluarga atau teman.

Buat yang mau liburan ke kota-kota ini, kamu mungkin bisa memasukkannya ke dalam list liburanmu.


1. Menikmati kemegahan Pagoda Shwedagon di Taman Alam Lumbini. Enggak perlu ke jauh-jauh ke Myanmar!
Selain bersantai menikmati taman kota yang asri, kamu bisa berselfie ria dengan background Pagoda Shwedagon yang terkenal itu. Lho, itu kan di Myanmar? Hehe, kejauhan! Mending berkunjung ke replikanya saja di Taman Alam Lumbini.

Untuk mencapai tempat ini, kamu cukup berkendara selama 2—3 jam dari Medan. Kamu bisa naik angkot dengan ongkos sekitar Rp 10.000. Cukup murah meriah kan untuk liburan lokal rasa internasional?

Lokasi: Taman Alam Lumbini, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.


2. Refreshing sambil menikmati keindahan alam di Taman Juanda.
Mau wisata alam tapi enggak jauh-jauh dari pusat kota? Hmm, kamu bisa nih mengunjungi Taman Hutan Raya Juanda. Taman ini terletak di kawasan Dago Pakar yang hanya berjarak 7 km saja dari pusat kota Bandung.

Meski dekat dengan pusat kota, Taman Juanda ini rindang banget, lho. Berasa ada di hutan malah! Pokoknya cocok deh buat liburan singkat di akhir pekan. Untuk bisa menikmati keindahan taman ini, kamu akan dikenakan tariff masuk sebesar Rp 11.000.

Lokasi: Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat.


3. Mengunjungi taman kota terbaik se-Asia di Surabaya.
Siapa bilang taman di tengah via: infowisata.biz kota itu enggak bisa bersih dan rindang?! Nih, ada Taman Bungkul yang terawat dan bersih.  Selain itu, fasilitasnya yang top markotop yang bakal bikin kamu betah berlama-lama. Seperti WiFi gratis, amfiteater, jogging track, taman bermain untuk anak-anak serta lahan bagi skateboard.

Untuk masuk ke taman ini, pengunjung enggak dipungut biaya kok alias gratis! Kamu cukup mengeluarkan ongkos parkir saja jika membawa kendaraan pribadi.

Lokasi: Taman Bungkul, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.


4. Naik wahana bianglala sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar Alun-Alun Batu.
Kota Batu memang lagi hits banget nih di kalangan wisatawan. Banyak tempat-tempat wisata seru dan menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya ya Alun-Alun Batu yang menjadi landmark Kota Batu. Dan tahu enggak Kawan Muda, Alun-Alun Batu adalah taman kota satu-satunya di Indonesia yang punya bianglala!

Baca Juga:  4 Taman Air Indoor Terbesar di Dunia

Whoa, asyik banget kan bisa naik bianglala dan menikmati keindahan Kota Batu dari atas. Masuk Alun-Alun Batu enggak dipungut biaya sepeser pun lho. Tapi, kalau ingin naik bianglala kamu akan dikenakan tarif Rp 3.000 untuk satu kali putaran.

Lokasi: Alun-Alun Kota Wisata Batu, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.


5. Taman Kota Pecangakan, destinasi liburan anti-mainstream di Bali.
Kalau liburan ke Bali, jangan cuma asyik sama pantainya saja, Kawan Muda. Enggak ada salahnya kamu mengeksplor destinasi wisata lain, salah satunya nih Taman Kota Pecangakan. Taman Kota Pecangakan disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah di Indonesia, lho! Taman kota ini cukup unik karena dihiasi patung-patung tokoh Mahabarata seperti Arjuna, Drupadi, Srikandi dan lain-lainnya.

Lokasi: Taman Kota Pecangakan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.


6. Menikmati pemandangan malam yang indah di Taman Kota Giri Menang.
Kalau Kawan Muda lagi liburan ke Lombok Barat, sempatkan untuk mengunjungi taman ini. Taman Kota Giri Menang punya beragam fasilitas, mulai dari tempat bermain anak, lapangan voli, lapangan basket, tempat wisata kuliner, juga air mancur.

Nah, Kita Muda menyarankan kamu datang pada malam hari biar bisa menikmati keindahan taman yang dihasi lampu cantik warna-warni.

Lokasi: Taman Kota Giri Menang, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, NTB.


7. Liburan cantik di Taman Bukit Bougenville.
Taman terakhir yang layak mendapatkan predikat taman terindah adalah Taman Bukit Bougenville. Di taman ini terdapat sekitar 46 spesies  bunga bougenville, lho. Kamu juga bisa menemukan tanaman lain seperti aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek.

Nah, Taman Bukit Bougenville tak hanya menawarkan keindahan taman bunganya saja karena di dalamnya terdapat hutan homogen yang dipenuhi pohon gaharu. Hmm, pokoknya taman ini super cantik dan sejuk. Cocok lah buat refreshing di akhir pekan.

Lokasi: Taman Bukit Bougenville, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, KalimantanBarat.

Nah itu tadi 7 taman kota terbaik di Indonesia. Jadi, kamu mau liburan kemana akhir pekan ini?

No comments

Powered by Blogger.