Header Ads

Anda Salah Jika Mengira Gambar Kanan Hanya Kebalikan Gambar Kiri

Ada sebuah ilusi yang menarik yang cukup terkenal dan diberi nama dengan nama orang terkenal juga, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com.

Langsung saja, lihatlah gambar diatas:

Kebanyakan orang mengira bahwa gambar diatas adalah dua gambar yang sama, hanya yang satu dibalik (atas-bawah) dan tidak ada yang aneh. Jika anda mengira seperti itu, maka anda telah tertipu! Anda menjadi korban cara aneh otak manusia dalam memahami dunia …

Sekarang mari kita balik gambar diatas sehingga menjadi gambar berikut:

Setelah keseluruhan gambar dibalik secara vertikal (atas ke bawah)


Mengerikan, bukan? Gambar pertama merupakan contoh dari efek terkenal tapi masih belum sepenuhnya dipahami yang disebut Ilusi Margaret Thatcher atauThatcher Effect. Ya, serius, itu namanya. Ilusi ini pertama kali diterbitkan menggunakan gambar perdana menteri Margaret Thatcher, sehingga sejak itu ilusi ini dikenal dengan nama itu.

Seperti yang Anda lihat, gambar kanan diatas adalah sama dengan gambar kiri, kecuali pada bagian mata dan mulut yang telah dibalik (proses ini disebut Thatcherisasi). Ketika seluruh gambar kemudian dibalik, otak kita memiliki kesulitan untuk melihatnya sehingga mengira tidak ada yang aneh. Namun keanehan yang disebabkan thatcherisasi itu menjadi mencolok ketika gambar dibalik kembali.

Apa yang bahkan lebih menarik tentang ilusi ini adalah bahwa tidak ada yang tahu pasti apa penyebabnya. Jelas, kita mengenali wajah dengan menggunakan potongan individu dari wajah, seperti mata, hidung, mulut, dan sebagainya. Otak kita mengenali wajah bahkan ketika hanya ada beberapa petunjuk dari fitur tersebut dan bahkan ketika mereka jelas berpola acak, seperti di awan, pohon, bunga, awan gas di ruang angkasa, atau batu di Mars. Bahkan kadang-kadang di tempat-tempat lain di mana kita tidak akan mengharapkan untuk melihat wajah. Efek psikologis ini disebut Pareidolia, dan sangat kuat; lihat saja ikon smiley yang hanya dua titik dan garis melengkung ☺ atau ^_^ , kita melihatnya sebagai wajah yang tersenyum!

Jelas, kemampuan kita untuk mengenali wajah adalah relasional, yaitu, kita melihat potongan-potongan keseluruhan dalam hubungannya dengan satu sama lain. Tapi itu configural juga; yaitu, bagaimana potongan-potongan itu tersusun. Untuk beberapa alasan ada bagian yang hilang ketika wajah terbalik, dan itu adalah bahan perdebatan di kalangan psikolog.

Baca Juga:  8 Mesin Koin Unik Dari Jepang

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa fakta kalau kita tidak segera menyadari bahwa wajah telah ter- “Thatcherisasi” menunjukkan sesuatu tentang pra-pemrograman (pra proses), atau mungkin hanya pemrograman yang sangat awal di otak kita. Otak dirancang khusus untuk mengenali wajah, tapi kita gunakan untuk melihat wajah-wajah dalam orientasi tertentu. Ketika kita melihat gambar wajah dibalik secara horisontal (kanan keatas), kita memprosesnya secara keseluruhan, mengenali bagaimana bagian-bagian tercocokkan bersama. Jika wajah dibalik secara vertikal (atas kebawah), kita memproses setiap bagian secara terpisah, tanpa mengintegrasikannya bersama-sama. Jika semua bentuk terlihat kurang tepat, kita tidak bisa benar-benar melihat bagaimana mereka cocok secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa kita bisa langsung mengenali fitur wajah selebriti yang wajahnya telah di-Thatcherisasi, meskipun kita tidak dapat melihat bahwa mata dan mulut mereka telah dimanipulasi, seperti gambar One Direction dibawah ini:


Sulit bagi kita untuk mengetahui bahwa salah satu wajah personil One Direction ini telah ter Thacherisasi dan menjadi menyeramkan. baliklah gambar diatas untuk melihat Thacherisasinya atau lihat disini

No comments

Powered by Blogger.