Header Ads

Di Masa Depan Pewasat Gak Lagi Diterbangkan Oleh Pilot, Tapi Menggunakan Ini

Saat ini banyak para ahli menciptakan robot untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dan salah satunya akan diciptakan sebuah robot yang akan menggantikan posisi pilot untuk menerbangkan pesawat.

Ini bukan hanya ada di film-film fantasi ya. Nyatanya di dunia nyata juga ada loh dan saat ini sedang diciptakan robot yang benar-benar bisa menggantikan posisi pilot dengan sempurna.

Sebuah program bernama  ALIAS (Aircrew Labor In-Cockpit Automation System) sudah menerapkan cara tersebut. Program ini didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency, yang bekerja sama dengan sebuah firma swasta di Bidang penerbangan, Aurora Flight Sciences.


Program ini diciptakan bertujuan untuk menggantikan pilot manusia di masa depan. Untuk awalnya program ini akan diuji coba dengan menempatkan robot sebagai co-pilot.

Para pejabat dalam program ini percaya jika penggunaan robot bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi. Dan baru-baru ini  robot rancangan Aurora ini diujicobakan sebagai co-pilot di pesawat Cessna Caravan di bandara Manassas, Virginia.

baca juga :  7 Kode Rahasia Yang Hanya di Ketahui Artinya Oleh Pilot dan Pramugari


“Ini benar-benar tentang spektrum meningkatkan otonomi dan bagaimana manusia dan robot bisa bekerja sama sehingga masing-masing dapat melakukan hal yang lebih baik,” kata pemimpin dan CEO Aurora John Langford, seperti dilansir Brilio.net.


Dalam uji coba terlihat  sebuah robot dengan tabung logam kurus dan batang untuk lengan, kaki dan cakar tangan sambil menggenggam throttle di kursi kanan dari pesawat bermesin tunggal.

Di kursi sebelah kiri, ada pilot manusia yang memberi perintah kepada rekan bisunya lewat perangkat tablet elektronik. Si robot bisa mengendalikan pesawat tersebut.


“Pilot robot itu dapat melakukan semua yang dilakukan pilot manusia, kecuali melihat keluar jendela,” kata Langford berkelakar.

No comments

Powered by Blogger.