Header Ads

Inilah Alasan Susunan Huruf di Hape Pakai Model Qwerty

Terbiasa memakai smartphone dan juga laptop pasti membuat kamu nggak asing lagi dengan keyboard. Soalnya, kalau nggak ada keyboard, rasanya sulit banget kalau ingin mengetik sesuatu. Nah, hampir setiap hari pakai, pernah nggak terpikir soal urutan hurufnya yang dibuat qwerty? Kenapa nggak sesuai urutan abjad normal aja, ya?

Awalnya, urutan huruf qwerty memang sengaja dibuat untuk memperlambat proses pengetikan. Soalnya, waktu mesin tik ditemukan pertama kali oleh Christopher Latham Sholes, susunan huruf yang sesuai dengan urutan abjad normal malah membuat mesin tik menjadi cepat rusak. Gara-garanya, batang huruf yang saling terkait, a-b-c-d-e, dan seterusnya itu memungkinkan orang mengetik dengan sangat cepat, bahkan terlalu cepat.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, akhirnya Sholes mengganti urutan huruf menjadi qwert seperti sekarang ini. Soalnya, dengan urutan ini batang huruf nggak lagi saling terkait dan memungkinkan kamu mengetik kata-kata dalam bahasa Inggris lebih lambat dari sebelumnya. Susunan huruf qwerty ini awalnya cuma buat mesin ketik. Tapi, karena semua orang terbiasa, model ini akhirnya dipakai juga di smartphone kayak yang kamu kenal sekarang.

Baca Juga:  Hardisk Komputer Anda Sudah Ditanam Spyware Oleh NSA!

Buat kamu yang biasa main smartphone, kira-kira ada pengaruh nggak ya dengan susunan huruf yang qwerty kayak sekarang? Atau, jangan-jangan cepat nggaknya mengetik itu karena kebiasaan.

No comments

Powered by Blogger.