Header Ads

Mau Pesan Mobil Terbang? Harganya..

Perusahaan asal Belanda PAL-V tengah memproduksi si mobil terbang alias girokopter.

Pemesanan sudah bisa dilakukan. Namun, pembeli baru bisa mendapatkannya pada akhir 2018.

Girokopter yang diberi nama Liberty itu sudah memenuhi standar untuk terbang maupun berjalan di jalanan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

’’Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, menaklukkan tantangan teknis dan kualifikasi, tim kami sukses menciptakan mobil terbang inovatif yang sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan oleh lembaga-lembaga yang membuat kebijakan di seluruh dunia,’’ ujar CEO PAL-V Robert Dingemanse.

Seperti dilansir Menariknya.com, PAL-V Liberty adalah girokopter bermesin ganda. Satu untuk terbang dan lainnya untuk berkendara di darat.

Saat dikendarai di jalan, panjangnya hanya 4 meter dan tinggi 1,7 meter, hampir sama dengan umumnya mobil biasa. Namun, saat terbang panjangnya 6,1 meter dengan tinggi 3,2 meter.

Ketika menyusuri jalanan, baling-baling Liberty yang terletak di belakang tersembunyi di dalam kendaraan. Sedangkan baling-baling di bagian atas terlipat rapi di atas mobil.

Perubahan dari mode darat ke udara hanya membutuhkan waktu 5–10 menit. Pengemudi harus melakukan sedikit usaha untuk membuat Libery terbang.

Tiang untuk baling-baling bagian atas memang naik otomatis. Namun, tidak demikian halnya dengan baling-baling bagian belakang.

Pengemudi harus keluar dan menariknya dulu. Begitu siap, pengendara bisa langsung terbang dengan ketinggian maksimal 3.500 meter. Untuk terbang dan turun, pengendara harus mencari lahan kosong seluas 90–200 meter.

Baca Juga:  5 Mobil Limousine Termahal di Dunia

Harga PAL-V Liberty edisi Pioneer dibanderol USD 500–600 ribu (Rp 6,7 miliar – Rp 7,9 miliar).

Versi Sport lebih murah, yaitu di kisaran USD 400 ribu (Rp 5,3 miliar).

Pembeli versi Pioneer bisa mendesain sendiri interior dan eksterior mobil terbang mereka. Pesanan PAL-V Liberty Pioneer juga akan lebih dulu dikerjakan daripada Sport.

Untuk mendukung produknya, PAL-V membuat aplikasi telepon pintar. Aplikasi tersebut bisa membandingkan antara perjalanan dengan menggunakan Liberty dan moda transportasi konvensional.

Tujuannya agar pengguna tahu berapa waktu yang bisa mereka hemat, berapa kali pemberhentian untuk perjalanan jauh, serta rekomendasi perjalanan dengan PAL-V Liberty.(NewAtlas/NewsWire/Express/sha/c19/any)

Girokopter Keluaran Pal-V

– Tes awal dilakukan pada 2009 dan 2012.

– Mampu terbang dan berjalan di darat dengan kecepatan 112 kilometer per jam.

– Bisa berubah dari mode mobil ke mode terbang dalam 10 menit.

– Pre order sudah bisa dilakukan. Penjualan dimulai dari harga USD 400–600 ribu atau setara dengan Rp 5,3–7,9 miliar.

– Diproduksi tahun ini, pengiriman dilakukan pada akhir 2018.

– Pembeli harus memiliki SIM dan sports pilot certificate. Yakni, sertifikat terbang hanya untuk bersenang-senang, bukan komersial.

– Tempat duduk di kokpit hanya bisa untuk dua orang.

– Terdapat dua varian, Pal-V Liberty Pioneer dan Pal-V Liberty Sport yang lebih murah.(JPNN)


No comments

Powered by Blogger.