Header Ads

Tips Menghemat Kuota Data Internet

Pengguna bisa menghemat kuota data dengan beberapa pengaturan pada ponsel Android. Setidaknya, data yang dikonsumsi bisa diminimalisasi saat melakukan aktivitas berselancar di dunia maya.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips menghemat kuota data internet di ponsel Android.


Aktifkan Data Saver

Untuk pengguna browser Chrome, Anda bisa mengurangi penggunaan kuota data dengan mengaktifkan Data Saver. Cara mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju menu Settings, lalu pilih Data Saver, dan ubah ke posisi On.


Batasi Penggunaan Mobile Data

Pada ponsel Android, pengguna bisa mengakses Settings, lalu Data Usage, dan pilih SIM yang Anda pakai untuk mengakses data. Kemudian, aktifkan set mobile data limit dan atur batas konsumsi data agar tidak ‘bablas’.

Baca Juga:  5 Tanda Jika Ponsel Kamu Sedang di Sadap Orang Lain


Instagram

Aplikasi Instagram boleh jadi yang cukup memakan kuota data yang besar dikarenakan konten foto atau video pendek yang muncul handset pengguna. Di aplikasi Instagram versi Android, pengguna bisa mengakses Options, menuju Cellular Data Use, lalu ceklis pada Use Less Data.


Pakai Wifi saat Update Aplikasi

Pengguna perlu memeriksa dan memastikan bahwa update aplikasi hanya bisa dilakukan bila pengguna terkoneksi dengan wifi. Untuk memeriksanya, pengguna bisa masuk ke Play Store, pilih Settings, Auto-update apps, lalu pilih Auto-update apps over wifi only.


Turunkan Resolusi Video

Saat memutar video di Youtube, pengguna bisa mengatur resolusi video. Dengan menurunkan resolusi video, konsumsi data bisa lebih kecil dan proses loading video bisa semakin cepat atau umumnya tidak mengalami buffering.

Itulah beberapa Tips Menghemat Kuota Data Internet, semoga membantu dan bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.