Header Ads

Jembatan unik penghubung Denmark-Swedia yang punya terowongan bawah laut!

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan benar-benar mempermudah kehidupan manusia, membuat segala sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin untuk dilakukan. Termasuk mengendarai mobil di bawah laut.

Kita sedang tidak membicarakan inovasi mobil amfibi atau mobil canggih bawah laut ala James Bond, tapi sebuah jembatan unik yang dibangun untuk menghubungkan Kopenhagen, Denmark, dan Kota Malmo di Swedia.

Jembatan yang dinamai Øresund ini memiliki terowongan bawah laut sepanjang 4 km. Tak hanya jalan raya di bawah laut saja, terowongan ini juga memiliki rel kereta api! Langsung saja kita lihat sama-sama, yuk!

Baca Juga:  Jembatan Unik di Jepang

Sebelum diresmikan pada 1 Juli 2000, perjalanan menuju Swedia-Denmark atau sebaliknya, harus ditempuh menggunakan feri dan memakan waktu cukup lama.


Untuk mempersingkat jarak tempuh, dibangunlah Jembatan Øresund yang dirancang oleh arsitek asal Denmark, George K.S. Rotne. Dengan adanya jembatan ini, perjalanan Swedia-Denmark atau sebaliknya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.


Jembatan ini membentang sepanjang 8 km menuju pulau buatan sebelum akhirnya menjorok ke bawah permukaan laut, menjadi sebuah terowongan bawah laut sepanjang 4 km di bawah Kanal Flint dan berujung di Kota Malmö, Swedia.


Walau tampak mungil, pulau buatan di mana jembatan berakhir memiliki aneka ragam hayati yang tinggi. Menurut Himpunan Botanik di Lund, ada lebih dari 500 spesies tanaman yang berbeda di pulau buatan itu. Alam buatan manusia itu sendiri diciptakan dari bahan-bahan yang dikeruk dari dasar laut.


Sebagian besar pembuatan terowongan dikerjakan terlebih dahulu di daratan sebelum dibawa menuju lokasi pembangunan di perairan.


Kalau dilihat dari ketinggian nih, Jembatan Øresund tampak luar biasa menakjubkan.


Gimana menurutmu? Setuju kan kalau jembatan ini bener-bener unik dan ciamik banget arsitekturnya wow banget.

No comments

Powered by Blogger.